detikNews
2019/06/02 03:31:28 WIB

Round-Up

Kisah Pertemuan hingga Kecupan Terakhir SBY Lepas Kepergian Ani Yudhoyono

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Kisah Pertemuan hingga Kecupan Terakhir SBY Lepas Kepergian Ani Yudhoyono Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ani Yudhoyono. (Foto: dok detikcom)
Jakarta - Kristiani Herrawati dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengikat janji suci pada 30 Juli 1976 silam. Ani Yudhoyono setia mendampingi SBY hingga tutup usia setelah mengidap kanker darah.

Pertemuan Ani dengan SBY awalnya dimulai ketika Ani sering ikut ayahnya, Sarwo Edhie, yang ketika itu merupakan Gubernur Akabri. Ani selalu hadir dalam acara ayahnya.
Tahun 1973 adalah waktu pertama kalinya Ani bertemu dengan SBY. Saat itu bertepatan dengan acara peresmian barak taruna di Magelang. Ani, yang masih gadis, terpesona oleh sosok SBY yang berwibawa, tampan, atletis, dan tenang.

Buntut pertemuan itu, SBY akhirnya bertandang ke rumah Ani. Dari sinilah, mereka mulai merangkai kisah cinta dengan saling berkirim surat. Pada 1974, saat Sarwo Edhie menjadi duta besar, Ani dan SBY akhirnya resmi bertunangan. Tepat setelah SBY menjadi perwira lulusan terbaik 1973.

Karena Ani berada di Korea Selatan saat itu, mereka pun terpaksa menjalin hubungan jarak jauh selama 1,5 tahun. Namun hubungan jarak jauh itu terbayar oleh pernikahan mereka pada 30 Juli 1976 di Ballroom Hotel Indonesia.

Ani dan SBY telah mengarungi bahtera rumah tangga 43 tahun lamanya. Pasutri ini setia dalam suka dan duka. SBY tetap di sisi Ani Yudhoyono saat menghadapi vonis kanker darah. Dukungan dan kasih sayang diberikan SBY dan keluarganya kepada Ani untuk terus berjuang melawan kanker darah.

Namun takdir berkata lain, Ani Yudhoyono meninggal dunia di National University Hospital, Singapura, Sabtu (1/5/2019) pukul 11.50 waktu Singapura.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com