Kain Batik Lebaran Pesanan Ani Yudhoyono

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Sabtu, 01 Jun 2019 14:54 WIB
Foto: Instagram @annisayudhoyono
Jakarta - Jauh sebelum sakit dan dirawat di Singapura, Ani Yudhoyono sudah menyiapkan kain batik untuk Lebaran 2019. Ani memang dikenal sebagai sosok pencinta kain tradisional dan kerap mengenakannya dalam kegiatan-kegiatan tertentu.

Kecintaan Ani terhadap kain tradisional ini diungkapkan oleh sang menantu, Annisa Pohan, lewat akun Instagram-nya, seperti dilihat detikcom, Sabtu (1/6/2019). Annisa juga mengunggah foto kala memakai kain batik bersama Ani Yudhoyono.

"Di foto ini saya belum memiliki anak @almirayudhoyono. Saya dan Memo memakai kain batik senada warna Merah, warna yang menjadi kebiasaan kami utk upacara kenaikan bendera hari kemerdekaan RI. Ada yang bisa tebak ini di tahun berapa? (Saya sendiri lupa hehe...jawabannya Memo yang tau)," cuit Anissa pada 28 April lalu, tanpa diedit.



Anissa menyebut Ani selalu memilihkan kain tradisional untuk dipakai keluarga Yudhoyono pada hari-hari khusus. Bahkan, menurut Anissa, istri presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu sudah memilihkan batik untuk dikenakan pada Lebaran nanti sebelum dirinya dirawat di Singapura.

"Sudah menjadi tradisi keluarga Yudhoyono, di setiap hari-hari khusus seperti peringatan hari ulang tahun Kemerdekaan 17 Agustus, Lebaran, serta special event-event keluarga kami, Memo selalu pilihkan kain Tradisional yang akan kami pakai dan khusus utk perempuan dipilihkan kain kebayanya. Tidak pernah absen Memo pesankan khusus sehingga di acara yang khusus kami sekeluarga juga tampil special dan kompak dengan busana asli Indonesia. Bahkan untuk lebaran tahun ini Memo sudah pesankan jauh hari sblm beliau sakit dan kain batiknya baru saja jadi dan akan segera kami jahit untuk nanti berlebaran di Singapore," tulisnya.



Diketahui, Ani menderita kanker darah dan dirawat di National University Hospital Singapura sejak beberapa bulan lalu. Ani mengembuskan napas terakhir pada pukul 11.50 waktu Singapura.

Jenazah Ani akan diterbangkan ke Indonesia besok pagi. Jenazah kemudian akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama, Kalibata, Jakarta Selatan.



Simak Juga 'Ani Yudhoyono: Aktivis yang Cinta Fotografi':

[Gambas:Video 20detik]

(knv/fdn)