detikNews
Sabtu 01 Juni 2019, 10:17 WIB

Traveloka Jelaskan Tiket Mahal Hasil Duduk Bareng Kemenhub & Garuda

Mustiana Lestari - detikNews
Traveloka Jelaskan Tiket Mahal Hasil Duduk Bareng Kemenhub & Garuda Foto: Fadhly F Rachman
Jakarta - Harga tiket pesawat meroket menjelang Lebaran. Bahkan disebut-sebut tarif pesawat mencengangkan tersebut sampai viral di media sosial. Traveloka mengaku telah duduk bareng bersama Kemenhub dan Garuda menyikapi persoalan ini.

"Kami sepakat dan menyadari bahwa mekanisme ini sebenarnya adalah hal yang juga diaplikasikan oleh seluruh OTAs, dengan memberikan lebih banyak alternatif pilihan kepada users, dapat memperkaya pilihan users, memilih berbagai alternatif pilihan, termasuk bila ingin transit. Namun demikian, di saat peak season ini, tentunya harga menjadi sangat dinamik," jelas Public Relations Director Traveloka, Sufintri Rahayu dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/6/2019).


Sufintri mengaku ke depannya Traveloka dan Garuda sepakat untuk terus mengedukasi masyarakat mengenai penggunaan produk tiket pesawat terbang, agar lebih mempermudah informasi bagi pengguna.

"Traveloka, sebagai platform teknologi (e-market place) tentunya tidak memiliki kewenangan untuk mengubah harga apapun. Dan dalam hal ini, kami tidak ada intensi apapun, untuk memperkeruh atau membuat kecemasan di masyarakat," sambungnya.

Menurut Sufintri, harga yang belakangan ramai tersebut merupakan harga tiket pesawat kelas bisnis yang tentunya berbeda dengan kelas ekonomi. Oleh karena itu, pihaknya mengimbau agar pembeli jeli membeli tiket yang sesuai dengan keinginan.

Traveloka Jelaskan Tiket Mahal Hasil Duduk Bareng Kemenhub & GarudaFoto: Traveloka

Traveloka, lanjut dia, telah menyediakan fitur filter yang bisa dimanfaatkan untuk mencari penerbangan yang diinginkan.

"Setelah menentukan tujuan, tanggal bepergian, dan kelas penerbangan, halaman akan menampilkan hasil pencarian. Lalu, pilih menu filter. Pada bagian 'Transit', pilih menu 'Langsung', untuk hanya menampilkan penerbangan langsung. Klik 'Pilih Penerbangan' Laman akan menampilkan hasil pencarian daftar maskapai dengan penerbangan langsung," tandas dia.


Dia juga mengimbau agar calon konsumen untuk dapat melakukan pengecekan terus secara berkala dan mengatur fitur Price Alert yang tersedia di platform Traveloka, terutama di saat-saat peak season seperti sekarang ini.
(mul/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed