Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila, Anies Ingatkan soal Keadilan Sosial

Ibnu Hariyanto - detikNews
Sabtu, 01 Jun 2019 09:34 WIB
Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Monas, Jakarta Pusat. Anies mengatakan dalam melaksanakan Pancasila hal yang terpenting adalah mewujudkan sila kelima, keadilan sosial.

"Karena lima sila tadi, ingat yang membuat satu bisa jalan dua, tiga, empat adalah yang ke lima, keadilan sosial. Begitu ada keadilan sosial maka muncul persatuan. Begitu ada keadilan sosial muncul yang namanya kemanusiaan yang adil dan beradab karena itulah puncak dari perjuangan kita," kata Anies dalam sambutannya di Lapangan Silang Monas Selatan, Jakarta Pusat, Sabtu (1/6/2019). Upacara diikuti para PNS di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.


Untuk itu, menurut Anies, hal yang terpenting kini adalah mewujudkan keadilan sosial di tengah masyarakat. Anies pun mengajak seluruh hadirin untuk melihat seluruh aspek kehidupan di Ibu Kota saat ini apakah sudah memenuhi prinsip keadilan sosial.

"Karena itu saya ingin mengingatkan kepada diri saya sendiri dan kita semua di sini, mari kita lihat semua aspek dari kehidupan kita di Ibu Kota ini, apakah keadilan ada di dalam pandangan kita? apakah keadilan ada di dalam mindset kita?," ucap Anies.


Anies kemudian menyinggung soal peraturan Pemprov DKI yang melakukan razia kepada warga di luar Jakarta ketika datang dan mencari kerja di Jakarta. Menurutnya, dalam prinsip keadilan sosial setiap warga negara harusnya memilik hak yang sama di mana tempatnya.

Upacara diikuti para PNS di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.Upacara diikuti para PNS di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom

"Bertahun kita menghadang warga untuk datang ke Jakarta Jakarta dengan berbagai operasi. Kita semua yang berdiri di tempat ini sebagian besar tumbuh besar bukan di Jakarta, kita datang ke sini karena dapat kesempatan yang sama dan kita izinkan warga Indonesia untuk punya kesempatan yang sama di tempat ini. Ini prinsip dasar keadilan, kesempatan yang sama bagi warga negara di mana saja untuk mendapatkan pekerjaan di mana saja. Termasuk di Ibu kota," kata Anies.

Anies berharap hal tersebut dijadikan bahan koreksi yang serius oleh pemerintah sehingga Pancasila benar-benar diwujudkan bukan hanya sekadar teks.

"Bapak, ibu sekalian kalau kita tidak secara serius mengkoreksi banyak hal tentang prinsip keadilan dalam kebijakan-kebijakan kita dalam keseharian kita yang dikatakan sebagai pancasila hanya muncul dalam teks. Kita harus buktikan pancasila bisa dilaksanakan di ibu kota dan pemprov DKI yang terdepan di dalam melaksanakan itu," sebutnya.

Selain itu, Anies mengingatkan agar senantiasa menghormati jasa para pahlawan. Anies mengatakan dalam menghormati jasa para pahlawan harus dilakukan dengan cara nyata bukan sekadar doa.

Anies lalu bicara soal kebijakan Pemprov DKI Jakarta yang membebaskan pajak bumi bangunan (PBB) kepada keturunan para veteran. Menurutnya, itu salah satu cara nyata yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta menghargai jasa para pahlawan.

"kita ingin tunjukkan kepada semua, dan mudah-mudahan wilayah-wilayah lain se Indonesia akan memberikan penghargaan yang sama kepada para pejuang kemerdekaannya," pungkasnya.



Tonton juga video Anies Takkan Cegah Pendatang Baru ke Ibu Kota:

[Gambas:Video 20detik]

(ibh/aan)