detikNews
Jumat 31 Mei 2019, 22:55 WIB

Pelabuhan Merak Lengang, Puncak Arus Mudik Diprediksi Besok Malam

Bahtiar Rifa'i, M Iqbal - detikNews
Pelabuhan Merak Lengang, Puncak Arus Mudik Diprediksi Besok Malam Jumlah kendaraan yang masuk ke penyeberangan di Pelabuhan Merak masih lancar (Foto: Bahtiar R/detikcom)
Cilegon - Kondisi di Pelabuhan Merak, Banten terpantau masih lengang di tiap dermaga. Puncak arus mudik diprediksi terjadi pada Sabtu (1/6) malam.

Arus kendaraan terus mengalir meski kondisinya lengang, kendaraan yang baru datang langsung memasuki kantong parkir dermaga untuk menunggu giliran masuk ke dalam kapal feri.

Antrean kendaraan tidak begitu signifikan memenuhi kantong parkir, lama tunggu antrean hanya sekitar 1 jam menunggu kapal bongkar muat.


Kondisi di kantong parkir dermaga masih ramai lancarKondisi di kantong parkir dermaga masih ramai lancar (Foto: M Iqbal/detikcom)

Sementara, arus pemudik pejalan kaki cenderung ramai sejak Jumat (31/5) pagi tadi. Seperti diketahui hari ini merupakan hari terakhir kerja bagi karyawan swasta. Sementara, PNS masih harus mengikuti upacara Hari Kesaktian Pancasila esok pagi.

Data terbaru dari PT ASDP Indonesia Ferry menunjukkan sudah mulai ada peningkatan jumlah penumpang sejak Kamis (30/5) kemarin. Per hari ini, tercatat jumlah penumpang pejalan yang menyeberang ke Pulau Sumatera mencapai 52.128 orang.

Sedangkan jumlah kendaraan roda empat dan lebih mencapai 9.229 unit yang terangkut menggunakan 34 kapal. Untuk kendaraan roda dua, sebanyak 2.751 unit yang menyeberang ke Bakauheni via Merak.


Diprediksi puncak arus mudik terjadi besokDiprediksi puncak arus mudik terjadi besok (Foto: M Iqbal/detikcom)

Jumlah pemudik itu tercatat oleh pengelola pelabuhan pada Jumat (31/5) pukul 08.00-20.00 WIB. Jumlah pemudik diprediksi akan meningkat seiring akan terjadinya puncak arus mudik.

Pantauan detikcom di exit gerbang tol Merak pukul 21.40 WIB di kawasan Gerem Atas, kendaraan dari arah Jakarta terpantau lancar dan melaju dengan kecepatan sedang menuju pelabuhan.

Selain itu, di jalur arteri Cikuasa bawah khusus jalur pemudik roda dua, kendaraan juga masih terpantau lancar. Belum ada lonjakan pemudik menuju kawasan Pelabuhan Merak.
(bri/jbr)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com