detikNews
Jumat 31 Mei 2019, 18:13 WIB

Lodaya Anjlok, Perbaikan Jalur KA di Nagreg Ditargetkan Selesai Malam Ini

Zakia Liland Fajriani - detikNews
Lodaya Anjlok, Perbaikan Jalur KA di Nagreg Ditargetkan Selesai Malam Ini Ketua Posko Harian Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu 2019, Arif Toha Tjahjagama (Foto: Zakia/detikcom)
Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus melakukan penanganan jalur kereta api imbas anjloknya Kereta Api Lodaya tambahan rute Solo-Bandung anjlok di Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Penanganan ditargetkan selesai malam ini.

"Terkait dengan penanganan jalur KA yang anjlok di Nagrek itu, saat ini terus diupayakan penanganannya. Ditargetkan hati ini selesai," kata Ketua Posko Harian Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu 2019, Arif Toha Tjahjagama, saat jumpa pers di Kemenhub, Jl. Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (31/5/2019).


Proses penguatan rel KA dilakukan oleh Dirjen Perkeretaapian untuk menindaklanjuti derasnya arus penumpang pada mudik kali ini. Perbaikan dilakukan dengan pengadaan terhadap bantalan kereta dan penguatan landasan untuk meningkatkan ketahanan rel saat puncak mudik nanti.

"Penyebabnya diperkirakan karena ada volume yang cukup tinggi sehingga ada perlu perkuatan-perkuatan," papar Arif.

"Ya, bantalan aja sama landasannya diperkuat," imbuhnya.


Meskipun ditargetkan rampung hari ini, Ketua Posko Harian Dirjen Perkeretaapian Anwar Taufik melaporkan sampai siang tadi baru 84 buah bantalan yang terpasang dari 700 bantalan yang dibutuhkan secara maksimal. Sementara sekitar 200 bantalan baru akan dikirimkan dari Stasiun Manunjaya malam nanti.

"Sudah terpasang 84, yang sudah di lokasi 266, juga 700 penambat atau pengunci bantalan. Nanti malam 200-an bantalan akan dikirim dari Stasiun Manunjaya," lapor Anwar.


Berdasarkan laporan tersebut, proses perbaikan jalur KA diprediksi terlambat. Hal itu disebabkan oleh pengadaan bantalan stok yang sedikit terlambat.



Tonton video Evakuasi Kereta Api Lodaya yang Anjlok di Nagreg:

[Gambas:Video 20detik]


(knv/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed