detikNews
Jumat 31 Mei 2019, 17:20 WIB

Urai Kepadatan Pemudik, One Way di Tol Cikampek Diperpanjang

Zakia Liland - detikNews
Urai Kepadatan Pemudik, One Way di Tol Cikampek Diperpanjang Sistem one way diberlakukan untuk mengurai kepadatan pemudik (Foto: Dok. Antara Foto)
Jakarta - Puncak arus mudik diprediksi terjadi malam ini. Arus kendaraan dari Jakarta menuju Cikampek mengalami peningkatan.

Untuk mengurai kepadatan, Jasa Marga memberlakukan sistem one way hingga sore hari ini.

"One way dilaporkan dibuka 07.20 tadi pagi dimulai pada KM 69-70 sampai dengan KM 263 dan itu berlangsung sampai sekarang," kata Ketua Posko Harian Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu 2019, Arif Toha Tjahjagama, dalam jumpa pers di Kemenhub, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (31/5/2019).


Arif mengatakan sistem contraflow sempat diberlakukan juga pagi tadi. Sistem contraflow diganti one way ketika sudah terjadi kepadatan kendaraan.

"Dilakukan contraflow di KM 29 sampai dengan 61 pada pukul 05.45 WIB sudah bergeser di KM 34 sampai KM 61 ya. Tapi sekarang sudah berlangsung normal sejak 08.40 WIB tadi. Jadi, 08.40 WIB sudah tidak ada lagi contraflow jadi berlangsung satu arah untuk masing-masing lajur, empat-empat," katanya.


Dia mengatakan sistem one way akan diberlakukan hingga malam nanti. "Sampai jam 22.00 WIB," jawab Arif.

Arif mengatakan penerapan one way atau contraflow diberlakukan secara situasional. Sebab, ada informasi masih ada ribuan kendaraan yang akan keluar dari Jakarta.

"Contraflow atau one way. Tapi sangat situasional Bapak-bapak dari Polri nanti melihat kondisi di lapangan. Memang ada yang mengatakan apakah itu sudah fix tapi tadi ada informasi dari Jasa Marga masih ada jumlah sekian ribu yang belum keluar dari Jakarta," ucap dia.



Simak Juga 'Update! Antrean Panjang di GT Cikampek Utama':

[Gambas:Video 20detik]


(jbr/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com