detikNews
Jumat 31 Mei 2019, 15:51 WIB

Layanan Hapus Tato Gratis Bank Muamalat Sasar Muslim yang Berhijrah

Tia Reisha - detikNews
Layanan Hapus Tato Gratis Bank Muamalat Sasar Muslim yang Berhijrah Foto: Dok. Bank Muamalat
Jakarta - Tato atau rajah adalah gambar pada kulit manusia yang dibuat dengan menggunakan tinta dan jarum. Tinta kemudian dimasukkan ke bawah lapisan kulit sehingga bersifat permanen. Sebagian pemilik tato di kemudian hari ada yang ingin menghapus tato di tubuhnya. Alasannya beragam, salah satunya adalah karena ingin berhijrah secara kaffah.

Sayangnya, langkah menghapus tato bukan perkara mudah. Dalam dunia medis, menghapus tato digolongkan sebagai tindakan bedah estetik. Oleh karena itu menghapus tato tergolong sebagai tindakan yang mahal, tak ubahnya tindakan estetik kulit yang lain. Hal inilah yang membuat banyak umat muslim yang sudah terlanjur merajah tubuhnya mengurungkan niat.

Ongkos yang dihabiskan untuk menghapus tato bisa mencapai puluhan juta rupiah, tergantung dari sedikit banyaknya gambar yang ingin dihapus. Sebagai gambaran, untuk menghapus tato ukuran kecil saja bisa menghabiskan biaya sekitar Rp 3 juta. Itu pun harus dilakukan sebanyak tiga sampai empat kali agar hasilnya maksimal, ditambah lagi belum termasuk biaya obat-obatan.


Berangkat dari persoalan tersebut, PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. Bekerja sama dengan Hidayatullah membuat program Mobil Hapus Tato Keliling. Mobil yang digunakan adalah tipe van yang dimodifikasi dan dilengkapi dengan peralatan medis sesuai dengan standar kedokteran. Mobil ini dihibahkan kepada Hidayatullah pada 2017 dan dioperasikan oleh Islamic Medical Sevice (IMS) yang merupakan organisasi terafiliasi dengan Hidayatullah.

Dengan adanya layanan dari mobil ini, Bank Muamalat sekaligus ingin memperkenalkan keberadaan program CSR pilar kesehatan kepada masyarakat luas sekaligus sebagai bagian dari kampanye #AyoHijrah yang dicanangkan Bank Muamalat.

Metode penghapusan tato yang dilakukan IMS adalah metode laser. Metode ini dianggap sebagai proses yang paling aman dengan hasil yang lebih maksimal. Setiap kali menyambangi lokasi tertentu mobil tato selalu menarik minat banyak orang. Tercatat sejak diluncurkan 2 tahun lalu sudah ada sekitar 3.500 orang yang dilayani.

Program hapus tato dari Bank Muamalat ini mudah menjangkau umat muslim yang membutuhkan karena sifatnya yang mobile dan harganya yang terjangkau. Bahkan, bagi masyarakat yang masuk dalam kategori mustahik biayanya nihil alias gratis. Tak jarang, Bank Muamalat juga memberikan diskon bagi non mustahik. Misalnya saat mobil hapus tato berkunjung ke Muamalat Tower selama 3 hari pada 22-24 Mei 2019.


IMS sebagai operator juga bekerja sama dengan beberapa lembaga pemasyarakatan untuk memberikan pelayanan kepada narapidana yang ingin berhijrah dan menghapus tatonya. Selain memberikan layanan hapus tato secara gratis, program ini juga menghadirkan beragam kegiatan bermanfaat lainnya. Di antaranya edukasi dan penyuluhan kesehatan, layanan kesehatan umum, pengajian umum, serta pembinaan aqidah dan ibadah.

Mobil Layanan Hapus Tato Keliling ini dioperasikan dalam program Hapus Tato Roadshow. Mobil ini sudah berkeliling ke kota-kota besar di Indonesia, tak hanya di pulau Jawa, tetapi juga kota-kota di Sumatera hingga Kalimantan. Misalnya roadshow yang baru-baru ini digelar di 5 kota di Pulau Jawa, yaitu Semarang pada 23-24 April 2019, Malang 27-28 April 2019, Surabaya pada 30 April 2019, Lamongan pada 1 Mei 2019, dan Bandung pada 4-5 Mei 2019.
Cari tahu lebih lanjut tentang program Hapus Tato Roadshow di sini.
(prf/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed