Wakapolri Prediksi Puncak Mudik di Merak Besok Malam

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 31 Mei 2019 13:24 WIB
Wakapolri Pantau Arus Mudik di Pelabuhan Merak (M Iqbal/detikcom)
Cilegon - Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto memperkirakan puncak arus mudik di Pelabuhan Merak, Banten, akan terjadi besok malam (1/6). Menurutnya, besok malam merupakan jadwal libur resmi karena hari ini masih ada karyawan yang bekerja.

"Ini liburnya agak panjang yang bolos atau yang memang sudah curi start itu sudah kemarin, sudah berangkat. Nah yang disiplin hari ini masih ngantor. Jadi kemungkinan nanti malam ada arus puncak, besok malam," ujar Ari Dono Sukmanto di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, yang dikutip dari Antara, Jumat (31/5/2019).



Ari mengatakan beberapa hari terakhir terdapat peningkatan jumlah kendaraan yang melintas. Adapun jumlah kendaraan roda empat meningkat 56%, sedangkan kendaraan roda dua lebih dari 200%. Ari Dono mengatakan jalur Merak-Bakauheni adalah jalur mudik yang sudah dipastikan akan padat sehingga mental pemudik sudah siap apabila menghadapi kemacetan.



Namun, untuk kenyamanan pemudik, pemerintah sudah menyiapkan sejumlah fasilitas, seperti tenda, agar pemudik dengan roda dua tidak kepanasan, kipas angin dengan selang air, dan toilet mobile di ruas-ruas tol sebelum Pelabuhan Merak.

"Saya melihat pelayanan dari pelabuhan dan pemerintah daerah itu cukup signifikan untuk kesiapan fasilitas-fasilitas yang ada," ujar Ari Dono.

Terkait pengamanan, selain 1.700 personel gabungan, alat bantu, seperti kamera CCTV, sudah dipasang di semua sudut untuk pencegahan tindakan teror serta kejahatan konvensional.


Simak Juga 'Wakapolri Pantau Mudik di Merak: Pemudik Motor Melonjak 200 Persen':

[Gambas:Video 20detik]

(rvk/asp)