detikNews
Jumat 31 Mei 2019, 10:11 WIB

Rangka Jembatan Kapuas II Kalbar Copot Ditabrak Tronton

Tim detikcom - detikNews
Rangka Jembatan Kapuas II Kalbar Copot Ditabrak Tronton Foto: Ilustrasi kecelakaan (Andhika Akbaryansyah)
Pontianak - Sejumlah rangka atas Jembatan Kapuas II di Kubu Raya, Kalbar, lepas karena ditabrak truk tronton dini hari tadi. Sopir truk itu kini ditahan polisi.

"Peristiwanya terjadi tengah malam tadi," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalbar Manto Saidi saat dihubungi di Pontianak, yang dikutip dari Antara, Jumat (31/5/2019).

Berdasarkan informasi yang diterima Manto Saidi, tronton tersebut bermuatan mesin berangkat dari Pelabuhan Dwikora Pontianak dengan tujuan ke PT Peniti Sungai Purun di Wajok, Kabupaten Mempawah. Pada pukul 00.10 WIB, saat menanjak Jembatan Kapuas II tidak ada masalah.



Namun setiba di bagian atas, terjadi benturan muatan dengan bagian rangka atas jembatan yang mengakibatkan rangka tersebut lepas dan tersangkut pada muatan kendaraan tronton.

Lepasnya rangka atas Jembatan Kapuas II, membuat tronton tidak bisa untuk mundur. Sopir memutuskan tetap melanjutkan perjalanan sampai menuruni jembatan yang mengakibatkan beberapa rangka atas Jembatan Kapuas II mengalami kerusakan.



Manto mengatakan, polisi mengamankan sopir dan truk serta surat-suratnya. Proses evakuasi truk itu berlangsung 3 jam.

"Kemudian, mengamankan surat menyurat berikut sopir dan kendaraannya. Proses evakuasi berjalan selama kurang lebih tiga jam," kata Manto.
(rvk/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed