Besok One Way di KM 70 Tol Cikampek-KM 263 Brebes Barat Berlaku Pukul 6 Pagi

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 30 Mei 2019 23:07 WIB
Foto: Ilustrasi (Imam Suripto/detikcom).
Jakarta - Pemberlakuan sistem satu jalur atau one way di sejumlah ruas di Tol Trans Jawa masih mengalami perubahan waktu. Besok pagi pukul 06.00 WIB petugas kepolisian akan memberlakukan sistem one way dari KM 70 Gerbang Tol Cikampek Utama I sampai KM 263 Brebes Barat.

"Rencana jam 6 pagi ( one way dari KM 70 Gerbang Tol Cikampek Utama I sampai KM 263 Brebes Barat) karena kita mengingat banyak bergerak dari Jakarta setelah sahur, jadi jam 6 kita sudah mulai," ujar Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Benyamin, Kamis (30/5/2019).

Sementara itu, menurut Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri, pemberlakuan sistem one way masih mengalami perubahan-perubahan waktu karena petugas hendak mendapatkan hasil yang terbaik.

"Kalau tadi hari Kamis kita mulai pukul 08.00 WIB, besok kita mulai pukul 06.00 WIB, sehingga persoalan-persoalan terjawab," ujar Refdi ditemui terpisah.

Refdi bersama jajarannya masih melakukan evaluasi terkait kapan sebaiknya sistem one way diberhentikan. Jika masih terjadi kemacetan, maka tidak menutup kemungkinan sistem one way akan diberlakukan 24 jam.

"Ini nanti kalau masih dianggap perlu kemungkinan saja pergerakan itu menjelang tengah malam bisa bertambah makanya menjelang pukul 21.00 WIB akan kita lakukan evalausi setelah mendengar masukan dari pejabat kesatuan kewilayahan dan juga masukan dari pelaksana lapangan. Bisa saja (one way 24 jam), yang namanya kebijakan itu bisa dilanjutkan tapi bisa saja kita hentikan sebelum itu," ujar Refdi.

Refdi menyebut sosialisasi terkait perubahan waktu one way bukan persoalan yang sulit. Pihaknya akan menyebarkan informasi terkait waktu-waktu one way kepada masyarakat sedini mungkin.

"Saya kira waktu sosialisasi cukup memadai, semenjak kita membuat animasi simulasi kemudian pertemuan-pertemuan, berbicara dengan media saya kira itu bentuk sosialisasi. Nanti kita juga punya instagram NTMC," ujar Refdi.


Dihubungi terpisah, petugas call centre Jasa Marga, Reyno, menyebutkan sistem one way masih berlaku dari km 70 gerbang tol Cikampek Utama I menuju km 263 Brebes Barat. Namun, saat ini sedang dilakukan pembersihan untuk persiapan pembukaan jalur.

"Saat ini masih berlaku untuk one way-nya. Saat ini sedang ada persiapan pembersihan jalur untuk dibuka normal kembali," ujar Reyno.

Sebagai informasi, pemberlakuan one way atau satu jalur sendiri berlaku pada pukul 09.00-21.00 WIB, mulai 30 Mei sampai 2 Juni. Jalur satu arah bakal diberlakukan mulai dari Km 69 Tol Jakarta-Cikampek sampai Km 263 Tol Pejagan-Pemalang.

Sementara dari Km 29 sampai Km 61 Tol Jakarta-Cikampek bakal diberlakukan skenario contra flow. Jadwal pemberlakuannya pada pukul 06.00-21.00 WIB. (nvl/nvl)