One Way Tol Cikampek-Pejagan Terus Berlanjut, Contraflow Disetop

Haris Fadhil, Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 30 Mei 2019 21:46 WIB
Foto: Gerbang Tol Cikampek Utama I (Isal-detikcom).
Jakarta - Sistem satu arah alias one way untuk arus mudik di KM 70 Tol Cikampek hingga KM 263 Tol Pejagan-Pemalang terus berlanjut usai pukul 21.00 WIB. Sementara itu, sistem contraflow di Tol Jakarta arah Cikampek sudah disetop.

"Saat ini masih diberlakukan satu arah. Mulai dari arah Cikampek arah Brebes masih satu arah. Untuk di KM 70 hingga KM 263," kata petugas call center Jasa Marga, Reno, saat dihubungi sekitar pukul 21.30 WIB, Kamis (30/5/2019).

Dia mengatakan arus lalu lintas sebelum GT Cikampek Utama dan setelahnya terpantau ramai lancar. Belum diketahui hingga kapan sistem satu arah ini diberlakukan.

"Belum ada infomasi," ucapnya.



Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri sendiri menyebut one way merupakan solusi terbaik untuk mudik tahun ini. Dia mengatakan pihaknya bakal mengevaluasi pelaksanaan one way hari ini.

"Justru itulah sirkulasi ini menurut kami ini (one way) adalah solusi terbaik di tahun ini dan mudah mudahan apa yang kita lakukan ini betul-betul bisa dinikmati oleh masyarakat dalam perjalanan mudiknya," ujar Refdi di gerbang tol Cikarang Utama.

Dia mengatakan ada 32 ribu kendaraan yang sudah melintasi Cikampek Utama hari ini. Menurutnya, jumlah itu di atas rata-rata kendaraan yang melintas pada hari lainnya.



"Jumlah kendaraan yang sudah lewat khususnya di (gerbang tol) Cikampek Utama sudah mendekati 32 ribu," ujarnya.

Pemberlakuan one way atau satu jalur sendiri rencannya berlaku pada pukul 09.00-21.00 WIB, mulai 30 Mei sampai 2 Juni. Jalur satu arah bakal diberlakukan mulai dari Km 69 Tol Jakarta-Cikampek sampai Km 263 Tol Pejagan-Pemalang.

Sementara dari Km 29 sampai Km 61 Tol Jakarta-Cikampek bakal diberlakukan skenario contra flow. Jadwal pemberlakuannya pada pukul 06.00-21.00 WIB. (haf/dhn)