detikNews
Kamis 30 Mei 2019, 20:00 WIB

Iktikaf Run Disorot, Sandiaga: Itu Berlari Menuju Tempat Iktikaf

Tim detikcom - detikNews
Iktikaf Run Disorot, Sandiaga: Itu Berlari Menuju Tempat Iktikaf Foto: Cawapres Sandiaga Uno Iktikaf Run dari Rumah Siap Kerja, Rabu (29/5/2019). (Farih Maulana Sidik/detikcom)
Jakarta - Istilah iktikaf run yang dilontarkan Cawapres Sandiaga uno dalam mengisi 10 hari terakhir Ramadhan jadi sorotan sejumlah netizen di media sosial. Sandiaga pun menjelaskan maksud iktikaf run itu.

Istilah iktikaf run itu disorot netizen karena iktikaf bermakna aktivitas berdiam diri di dalam masjid untuk mendekatkan diri kepada Allah. Iktikaf biasanya diisi dengan beribadah.


Sandiaga menuturkan iktikaf run sudah berjalan dalam beberapa tahun terakhir. Kegiatan ini dilakukan oleh komunitas lari.

"Jadi ini sudah beberapa tahun dijalankan oleh para komunitas lari. Dulu kita memulai kegiatan ini pada saat bulan suci Ramadhan ini, kan kita masih ingin terus berkegiatan olahraga," kata Sandiaga usai buka puasa bersama di Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta, Jl Epicentrum Selatan, Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (30/5/2019).

Sandiaga menjelaskan iktikaf dilaksanakan di masjid. Namun sebelumnya, diadakan lari bersama.

"Di 10 hari terakhir, kita luangkan waktu setelah salat tarawih itu menunggu waktu menuju ke tentunya beriktikaf di masjid-masjid wilayah tempat tinggal kita. Maka timbul ide beberapa tahun lalu untuk mengisi kekosongan tersebut kita berlari. Itu menjadi kegiatan yang sudah cukup rutin. Iktikaf run itu adalah lari sebelum kita melaksanakan iktikaf. Berlari menuju tempat kita beriktikaf," tuturnya.

Sandiaga sebelumnya memulai Iktikaf Run dari dan berakhir di Rumah Siap Kerja, Jl Wijaya I, Jakarta Selatan, Rabu (29/5) mulai pukul 23.15 WIB. Kegiatan olahraga malam hari dimaksudkan untuk mencegah dehidrasi.


Sandiaga mengatakan, saat bulan Ramadan, olahraga memang sedikit dikurangi pada siang hari. Namun Sandi memastikan olahraga akan tetap dilakukan walaupun di malam hari.

"Karena ini kan malam ke-25, malam ganjil, akan ada acara iktikaf, tapi teman-teman, antara jeda salat Tarawih sebelum iktikaf kita melakukan lari yang oleh teman-teman disebut Iktikaf Run," kata Sandiaga.
(idh/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed