Pemudik Diperbolehkan Buka Puasa di Bahu Jalan Tol

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 30 Mei 2019 17:45 WIB
Foto: Tol Cipali. (Irwan Nugroho/Detikcom)
Cikampek - Pemudik yang tidak dapat masuk ke rest area karena penuh dibolehkan menggunakan bahu jalan ruas tol untuk berbuka puasa. Namun, kendaraan yang menepi di pinggir jalan diimbau hanya sebentar saja.

"Mungkin yang harus diwaspadai masyarakat nanti ketika berbuka puasa ya. Boleh menggunakan bahu jalan tapi sebentar saja," ujar Kabagops Korlantas Polri Kombes Benyamin kepada wartawan di Cikampek, Jawa Barat, Kamis (30/5/2019).
Benyamin mengimbau masyarakat untuk segera meninggalkan bahu jalan sesaat setelah berbuka. Supaya tidak terjadi antrean kendaraan.

"Kalau tidak kebagian rest area ya, setelah buka puasa segera meninggalkan tempat ya supaya tidak mengganggu pengguna jalan yang lain," ujarnya.

Benyamin memastikan rest area sepanjang ruas tol Trans Jawa masih dapat menampung pemudik yang hendak beristirahat maupun yang hendak berbuka puasa.

Benyamin melaporkan sistem one way dari Km 70 hingga Km 263 berjalan lancar. Kecepatan kendaraan yang melintas sekitar 80 - 100 km per jam.

"Sampai saat ini, km 70 sampe km 263 sangat lancar," ujar Benyamin.


Sebagai informasi, pemberlakuan one way atau satu jalur sendiri berlaku pada pukul 09.00-21.00 WIB, mulai 30 Mei sampai 2 Juni. Jalur satu arah bakal diberlakukan mulai dari Km 69 Tol Jakarta-Cikampek sampai Km 263 Tol Pejagan-Pemalang.

Sementara dari Km 29 sampai Km 61 Tol Jakarta-Cikampek bakal diberlakukan skenario contra flow. Jadwal pemberlakuannya pada pukul 06.00-21.00 WIB.



Tonton juga video Sistem One Way Tol Cikampek Hingga Pejagan-Pemalang Dimulai:

[Gambas:Video 20detik]

(idh/idh)