Gerbang Tol Cikopo Ditutup, Kendaraan Arah Jakarta Dialihkan ke Kalihurip

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 30 Mei 2019 17:23 WIB
(Foto: Isal Mawardi/detikcom)
Purwakarta - Gerbang Tol Cikopo KM 72 ditutup sementara. Kendaraan yang mengarah ke Jakarta dialihkan ke gerbang Tol Kalihurip KM 69.

"Gate Cikopo untuk sementara kita tutup dulu. Gate Cikopo sementara kita alihkan semua ke Kalihurip, kendaraan yang dari arah Pantura, sehingga dari Cikopo tidak ada lagi contraflow arah Cikampek, ini kita full arahkan ke timur semua baik jalur A maupun jalur B ya," ujar Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Benyamin kepada wartawan, Kamis (30/5/2019).



Penutupan gerbang Tol Cikopo ini membuat tidak ada lagi lajur contraflow dari KM 72 ke KM 70 arah Jakarta. Sehingga, sistem one way dari KM 70 hingga KM 263 dapat berjalan maksimal.

Dengan penutupan gerbang Tol Cikopo, Benyamin berharap one way dari KM 70 gerbang Tol Cikampek Utama I hingga KM 263 Brebes Barat lancar tanpa hambatan. Semua ruas jalan akan difokuskan ke arah Brebes.



Korlantas memaksimalkan arus kendaraan kearah timur. Benyamin tidak menjelaskan detil sampai kapan gerbang tol Cikopo akan ditutup.

Kendaraan-kendaraan dari gerbang Tol Kalihurip akan masuk Tol Cikampek KM 69 dan melalui contraflow hingga KM 35.

"Nah ini juga menolong untuk menarik kendaraan-kendaraan dari arah Cikampek khususnya di KM 35 ini karena nanti mulai dari KM 35 sudah kita lakukan contraflow sampai ke KM 68. Nah ini sudah full mengarah ke arah timur," ujar Benyamin.



Pantauan detikcom pukul 16.50 WIB, tampak pergerakan kendaraan dari arah Cikampek menuju Palimanan berjalan lancar. Begitu pula, kendaraan yang melewati lajur contraflow.

Kendaraan arah Jakarta disediakan 2 lajur. Mulanya kendaraan arah Jakarta bergerak lancar. Namun, memasuki KM 55 kemacetan mulai terasa.

Sebagai informasi, pemberlakuan one way atau satu jalur sendiri berlaku pada pukul 09.00-21.00 WIB, mulai 30 Mei sampai 2 Juni. Jalur satu arah bakal diberlakukan mulai dari KM 69 Tol Jakarta-Cikampek sampai KM 263 Tol Pejagan-Pemalang.

Sementara dari KM 29 sampai KM 61 Tol Jakarta-Cikampek bakal diberlakukan skenario contraflow. Jadwal pemberlakuannya pada pukul 06.00-21.00 WIB.



Tonton video Terjadi Kepadatan di Gerbang Tol Trans Sumatera, Bakauheni Selatan:

[Gambas:Video 20detik]

(knv/knv)