detikNews
Kamis 30 Mei 2019, 14:37 WIB

Ada Musala Berbentuk Kakbah di Rumah Pria Ngaku Imam Mahdi di Depok

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Ada Musala Berbentuk Kakbah di Rumah Pria Ngaku Imam Mahdi di Depok Foto: Jefrie Nandy/detikcom
Depok - Winardi menghebohkan warga Bedahan, Sawangan, Depok, karena mengaku sebagai Imam Mahdi. Tidak hanya pengakuannya sebagai Imam Mahdi, adanya musala di rumahnya yang menyerupai Kakbah pun menjadi masalah.

detikcom menyambangi rumah Winardi di Jl H Sulaiman RT 02/05 No 123 Kampung Perigi, Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, Depok, Kamis (20/5/2019). Rumah Winardi dicat warna gading.

Di depan rumahnya terdapat sebuah musala. Bangunan musala itu berbentuk kotak dengan ukuran sekitar 4x4 meter dan diberi ornamen warna kuning pada bagian atasnya.

Terdapat sebuah pintu kayu yang dicat warna cokelat. Di samping kiri-kanan pintu terdapat lubang ventilasi.

Musala itu terletak sekitar 5 meter dari depan rumah Winardi. Sedangkan di rumah Winardi terdapat semacam peraturan 'Ukhuwah Trisula Weda'. Ada enam butir aturan dalam Ukhuwah Trisula Weda itu.
Tidak tampak aktivitas di dalam rumahnya. Kondisi rumah tampak sepi.

Winardi sempat menggemparkan warga setempat karena mengaku sebagai Imam Mahdi. Ini ketahuan setelah ada undangan open house halalbihalal pada Selasa (6/6) di rumahnya.

Ketua MUI Depok KH Dimyati Badruzzaman pun turun tangan. Dimyati memperingatkan Winardi.

"Kemudian kita tanya-tanya kenapa mengaku Imam Mahdi, siapa yang beri gelar Imam Mahdi, padahal nggak sesuai ciri-cirinya dengan (yang ada) di hadis. Ya katanya, 'Saya pernah didatangi oleh Allah diberi gelar Imam Mahdi'," kata Dimyati.

Winardi pun diimbau bertobat. Dia kemudian mengucapkan dua kalimat syahadat.

Karena dikhawatirkan menimbulkan keresahan, akhirnya Winardi dibawa ke Kecamatan Sawangan dan dilakukan pertemuan dengan pemerintah setempat dan Ketua MUI. Berikut hasil pertemuan tersebut:

1. Winardi menyatakan dan menyadari kesesatannya dan telah bertaubat dengan mengucapkan dua kalimat syahadat di hadapan MUI, ormas Islam, dan aparat Kecamatan Sawangan.
2. Akan menutup selamanya kegiatan-kegiatan yang selama ini dilaksanakan oleh kelompok Trisula Weda dan tidak akan mengadakan acara apa pun maupun membatalkan acara halalbihalal yang telah mereka rencanakan sebelumnya.
3. Akan mengubah cat tempat ibadah berupa bangunan mushola yang menyerupai bangunan Kakbah.




Tonton video Ada Masjid Berbentuk Kakbah di Makassar:

[Gambas:Video 20detik]


Ada Musala Berbentuk Kakbah di Rumah Pria Ngaku Imam Mahdi di Depok

(mea/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed