Gerbang Tol Cikampek Utama I Mulai Padat, Antrean Kendaran 2 Km

Isal Mawardi - detikNews
Rabu, 29 Mei 2019 20:16 WIB
Kepadatan pemudik mulai terpantau di Gerbang Tol Cikampek Utama I. (Isal/detikcom)
Jakarta - Kepadatan pemudik mulai terpantau di Gerbang Tol Cikampek Utama I. Antrean kendaraan yang hendak mengarah ke Palimanan mencapai 2 kilometer.

"Pergerakan sore ini menjelang malam, kalau kita lihat di Cikampek Utama ini, ekornya sampai 2 kilometer ke belakang," ujar Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri kepada wartawan, Rabu (29/5/2019).

Menurut Refdi, kepadatan tersebut masih dalam keadaan normal. Namun pihaknya telah melakukan langkah antisipasi kemacetan, salah satunya dengan pemberlakuan sistem one way, yang akan mulai diberlakukan pada Kamis (30/5) besok.

"Langkah-langkah antisipasi sudah dilakukan oleh kita semua, baik memberikan informasi kepada masyarakat, demikian juga kesiapan anggota kita di lapangan termasuk, petugas Jasa Marga," ujar Refdi.

Diketahui, Gerbong Tol Cikampek Utama I nantinya akan menjadi titik awal pemberlakuan one way.

"Titik inilah nanti yang jadi pergerakan one way yang kita berlakukan pada tanggal 30 besok itu. Kita sudah merencanakan bahwa tanggal 30 tepat pukul 09.00 WIB akan kita berlakukan one way pada titik ini di Cikampek Utama ini," ujar Refdi.


Pantauan detikcom, tampak antrean yang mengarah ke Palimanan di Gerbang Tol Cikampek Utama I mengular. Kendaraan hanya melaju secara perlahan.

Tampak antrean didominasi kendaraan pribadi. Dalam antrean, terlihat sejumlah bus.

Kendaran yang menuju arah Jakarta juga terpantau padat. Petugas kepolisian berjaga di sekitar lokasi.

Sebagai informasi, pemberlakuan one way atau satu jalur sendiri berlaku pada pukul 09.00-21.00 WIB, mulai 30 Mei sampai 2 Juni. Jalur satu arah bakal diberlakukan mulai dari Km 69 Tol Jakarta-Cikampek sampai Km 263 Tol Pejagan-Pemalang.

Sementara itu, dari Km 29 sampai Km 61 Tol Jakarta-Cikampek bakal diberlakukan skenario contra flow. Jadwal pemberlakuannya pada pukul 06.00-21.00 WIB. (nvl/nvl)