Kemenhub: Tol Trans Sumatera akan Dijaga Brimob Saat Arus Mudik 2019

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 29 Mei 2019 19:37 WIB
Konpers Kemenhub (Lisye/detikcom)
Konpers Kemenhub (Lisye/detikcom)
Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan kesiapan pengamanan arus mudik di Tol Trans Sumatera. Personel Brimob akan dikerahkan untuk melakukan penjagaan di sepanjang jalur tol.

"Tol Trans Sumatera, saya sudah komunikasi, akhirnya kemarin Pak Kapolda Sumsel sudah menyampaikan, mengeluarkan statement, 'Saya akan tempatkan para petugas Brimob'," ujar Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiadi di Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (29/5/2019).



Budi mengatakan Tol Trans Sumatera yang baru beroperasi itu akan dijaga Brimob, mulai Lampung hingga Palembang. Polisi, menurut Budi, akan menindak tegas para pelaku kejahatan di sepanjang jalur mudik.

"Petugas Brimob berjaga di beberapa titik dan akan menindak tegas kalau ada kejahatan yang di Palembang itu, yang di Lampung juga demikian," ujar Budi.

"Kemudian jalan tol Sumatera dari Bakauheni sampai Terbanggi Besar, Terbanggi Besar sampai Pemantang Panggang, yang sudah operasional, memang di sana yang harus diperhatikan adalah aspek keamanan," sambung dia.



Budi menambahkan, Tol Pematang Panggang hingga Kayuagung sudah bisa difungsikan, namun masih fungsional. Pengamanan dilakukan sesuai dengan kebutuhan di lapangan.

"Dari Pematang Panggang ke Kayuagung itu sudah bisa difungsikan, tetapi sifatnya masih jalan tol fungsional. Dibuka hanya pagi hari dan satu lajur saja," kata dia.



Sedangkan pengamanan di Tol Trans Jawa akan dilakukan seperti biasa oleh petugas lalu lintas. Pengerahan personel Brimob hanya diperuntukkan buat Tol Trans Sumatera.

"Jadi yang di Jawa kan untuk sebagian petugas-petugas Lantas, kalau di sana petugas Brimob secara khusus," lanjutnya. (lir/knv)