detikNews
Rabu 29 Mei 2019, 18:25 WIB

Bangganya Ayah Syamsuri yang Putranya Juara MTQ Internasional di Turki

Faruk - detikNews
Bangganya Ayah Syamsuri yang Putranya Juara MTQ Internasional di Turki Foto: Syamsuri Firdaus (foto FB Syamsuri Firdaus)
Dompu - Nama Syamsuri Firdaus, akhir-akhir ini menjadi buah bibir perbincangan hangat di semua kalangan karena mengharumkan nama Bangsa Indonesia berkat keberhasilannya menjadi juara 1 MTQ tingkat Internasional ke 7 yang diselenggarakan di Istanbul Turki.

Atas prestasinya ini, pemuda kelahiran Bima 11 April 1999 asal Desa Rada, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima itu juga bertemu dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. Selain itu, Syamsuri juga di undang ke Istana Negara oleh Presiden RI Joko Widodo dan mendapatkan hadiah Umroh dari Gubernur NTB, Zulkiflimansyah.

Lalu bagaimana sosok Syamsuri Firdaus di mata sang Ayah? Syamsuri Firdaus adalah anak pertama dari tiga bersaudara yang merupakan putra dari pasangan Abdullah Ahmad (ayah) dan Dahlia (ibu).

Sejak umur tiga tahun, Syamsuri sudah belajar mengaji mengenal huruf-huruf hijaiyah Iqro dengan ayahnya di rumah sederhana pinggir sawah Desa Rada, Kecamatan Bolo Bima NTB. Kegigihan Syamsuri belajar membuat ayahnya memutuskan untuk mengantarkan anaknya itu ke salah satu guru ngaji yang ada di desa.



Hampir setiap hari Syamsuri belajar ngaji di guru ngaji dengan berjalan kaki melewati sawah-sawah warga menuju tempat belajar mengaji yang lokasinya cukup jauh dari rumahnya.

"Kita tinggal di pinggir sawah ketika dia pergi mengaji, dia jalan kaki melewati sawah terkadang dia jatuh dan badannya penuh lumpur dia pulang dengan badan penuh lumpur. Kenapa kotor baju mu ? saya jatuh di sawah ketika jalan tadi ayah," cerita Abdullah melalui sambungan seluler pada detikcom Rabu (29/05/2019).

Ketika sudah bisa dan lancar, Syamsuri ikut mengaji di TPQ yang ada di Desa yang pembinaan terhadap murid-muridnya dilakukan satu kali dalam seminggu. Setiap ada pembinaan Tilawah dia tetap mengikutinya.



Karier Syamsuri bermula ketika dia mengikuti MTQ tingkat Desa dan langsung meraih juara 1. Lalu dua kali mengikuti MTQ tingkat Kecamatan 2 kali, pertamanya tidak mendapatkan juara, tapi yang kedua dia langsung menyabet juara 1.

"Lalu tingkat Kabupaten dia juga Juara, tingkat Provinsi di Kabupaten Sumbawa Barat NTB tahun 2012 juga juara serta pada tingkat Nasional di Ambon Maluku. Sekitar bulan 11 tahun 2012 dia juga Juara Internasional di Singapore .

Keberangkatan Syamsuri ke Istambul Turki, dibiayai penuh oleh Pemerintah melalui Duta Besar. Hingga pada akhirnya Syamsuri menjadi orang NTB pertama yang menjadi juara 1 MTQ Inrternasional.

Meraih juara dan mendapatkan bonus, Syamsuri menjadi tulang punggung keluarga dan mampu membantu ekonomi keluarga dan ikut membiayai sekolah adik-adiknya.
(rvk/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com