Tata Cara Itikaf, Niat, dan Amalan agar Dapat Malam Lailatul Qadar

Niken Widya Yunita - detikNews
Rabu, 29 Mei 2019 15:17 WIB
Tata Cara Itikaf, Niat, dan Amalan agar Dapat Malam Lailatul Qadar (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Pada 10 hari terakhir Ramadhan, umat Muslim beritikaf untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar. Bagaimana tata cara itikaf, niat, dan amalannya itu?

Bulan Ramadhan akan segera berakhir. Namun umat Muslim memanfaatkan 10 hari terakhir Ramadhan untuk banyak beribadah dan mendapatkan malam Lailatul Qadar. Malam Lailatul Qadar yakni malam yang lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu, doa-doa akan dikabulkan. Lailatul Qadar turun pada malam ganjil pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan.



Untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar, umat Muslim dianjurkan itikaf di masjid. Itikaf adalah diam beberapa waktu di dalam masjid sebagai suatu ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Rukun itikaf yakni:

Kita harus niat mendekatkan diri kepada Allah. Selain itu berdiam di masjid, bersuci, dan sudah akil baligh. Hal-hal yang membatalkan itikaf antara lain keluar dari masjid tanpa keperluan yang jelas, bercampur dengan istri, murtad, hilang akal karena gila atau mabuk, datang haid ataupun semua yang mendatangkan hadats besar.

Niat untuk itikaf yakni:

نَوَيْتُالْاِعْتِكَافَ لِلّٰهِ تَعَالٰى

Nawaitul i'tikaafa lilaahi ta'ala,

Artinya: Saya niat itikaf karena iman dan mengharap akan Allah, karena Allah ta'ala."

Saat itikaf dianjurkan untuk membaca doa:

اَللّٰهُمَّ اِنَّكَ عَفُوٌّتُحِبُّ الْعَفْوَفَاعْفُ عَنِّيْ

"Ya Allah, bahwasannya Engkau menyukai pemaafan, karena itu maafkanlah aku."

Salat Itikaf

Ketika kita itikaf, perbanyaklah salat untuk mendekatkan diri kepada Allah. Salat yang dilakukan seperti salat wajib, salat sunah seperti tarawah, tahajud, salat witir, salat hajat, dan sebagainya.

Selain itu kita juga memperbanyak membaca Alquran. Bacalah juga artinya agar paham apa maksud dari yang dibaca tersebut.

Zikir

Selain baca Alquran, kita juga memperbanyak zikir. Zikir merupakan amalan yang sangat dianjurkan saat itikaf, yakni bertasbih, takmid, tahlil, istighfar dan sebagainya. Saat itikaf, kita dianjurkan untuk lebih banyak berdiam diri dan memohon ampunan pada Allah.



Tonton video Ragam Persiapan Iktikaf Biar Hidup Lebih Berfaedah:

[Gambas:Video 20detik]


Selamat beritikaf! (nwy/fay)