Pemeriksaan Ustaz Sambo di Polda Metro Ditunda

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Rabu, 29 Mei 2019 13:38 WIB
Ustaz Sambo bersama pengacara di Polda Metro Jaya, Rabu (29/5/2019) Foto: Samsudhuha Wildansyah-detikcom
Jakarta - Ustaz Ansufri Idrus Sambo batal diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan makar dengan tersangka Eggi Sudjana. Pihak Sambo mengajukan penundaan karena alasan ibadah.

"Ya tadi pemeriksaan kita ngobrol-ngobrol habis itu ditanya beberapa hal, habis itu kita salat dulu. Setelah salat langsung lawyer bicara," kata Sambo kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (29/5/2019).

"Kita harap Ramadhan ibadah dulu lah," sambungnya.

Sambo datang ke Polda Metro Jaya sekitar pukul 11.40 WIB. Sekitar pukul 13.00 WIB Sambo keluar dan meninggalkan Polda Metro Jaya.




Sementara itu, pengacara Sambo, Hendarsam Marantoko menyebut Ustaz Sambo meminta penundaan pemeriksaan karena ingin fokus beribadah.

"Nah Ustaz Sambo mau fokus Lailatul Qadar seperti itu karena ini pahalanya lebih besar dibanding hari hari lain. Nah penyidik juga mau gitu rupanya. Penyidik juga mau fokus untuk beribadah. Akhirnya pemeriksaan hari ini kita tunda dulu, nanti menunggu informasi dan arahan dari penyidik seperti itu aja," ungkap Hendarsam.

Pengacara nantinya akan berkoordinasi terkait waktu pemeriksaan lanjutan.





Ustaz Sambo sebelumnya diperiksa polisi pada Senin (27/5). Saat itu, Sambo menegaskan tidak tahu-menahu maksud dan tujuan Eggi menyerukan people power.

Sambo menegaskan tidak berada di satu tempat yang sama saat Eggi berbicara soal people power. Saat itu Eggi berada di luar dan menyerukan people power, sedangkan Sambo berada di dalam rumah capres Prabowo Subianto.

Sedangkan Eggi Sudjana ditetapkan sebagai tersangka dugaan makar karena ucapan 'people power' di depan rumah Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, 17 April 2019. Dia ditahan di Polda Metro Jaya sejak Selasa (14/5).


(sam/fdn)