detikNews
Rabu 29 Mei 2019, 13:35 WIB

Soal Atta Halilintar di Ujian SD Dibuat oleh Perkumpulan Guru Bahasa

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Soal Atta Halilintar di Ujian SD Dibuat oleh Perkumpulan Guru Bahasa Atta Halilintar (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Serang - Ujian bahasa Indonesia yang berisi tentang YouTuber Atta Halilintar dibuat oleh perkumpulan guru bahasa Indonesia se-Kota Serang. Lembar ujian dibuat seragam untuk siswa kelas V sekolah dasar.

"Iya, dibuat oleh perkumpulan guru bahasa Indonesia," kata salah satu kepala SD di Serang yang tak ingin namanya disebutkan kepada wartawan di Banten, Rabu (29/5/2019).

Saat ujian kenaikan kelas, lembar soal itu katanya tidak menimbulkan persoalan. Siswa, menurutnya, juga menjawab pertanyaan seperti biasa.


Salah satu guru bahasa Indonesia mengatakan, soal ujian dibuat sebagai narasi dan tak ada motif apa-apa terkait konten Atta Halilintar. Lembar ujian yang berisi soal Atta Halilintar di bagian untuk diujikan untuk kelas V SD.

"Itu untuk siswa agar paham narasi saja dan nggak ada masalah," ujarnya.

Pihak sekolah yang didatangi detikcom enggan mempermasalahkan soal ujian itu. Menurut dia, pihak sekolah hanya menerima soal ujian dari perkumpulan guru.

Soal ini sendiri jadi catatan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Serang. Mereka mengakui bahwa soal ujian hendaknya berisi mengenai nasionalisme.

"Ini bagian dari evaluasi kita ke depan nanti kita akan ingatkan melalui pengawas di SD supaya hati-hati membuat soal," kata Plt Disdik Kota Serang Wasis Dewanto.
(bri/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed