detikNews
2019/05/29 02:57:36 WIB

Round-Up

Kisah Jerry Gray Terpancing Hoax 'Polisi China' di 22 Mei

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Kisah Jerry Gray Terpancing Hoax Polisi China di 22 Mei Jerry D Gray saat ditangkap polisi. (Foto: dok. istimewa)
Jakarta - Jerry Duane Gray (59) harus berurusan dengan polisi karena menuding pemerintahan di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo disusupi oleh komunis. Banyaknya posting-an hoax terkait Pemilu 2019 hingga 'polisi China' membuat Jerry terprovokasi hingga menyebar ujaran kebencian di media sosial.

Dalam sebuah video yang viral di media sosial, Jerry menyampaikan pandangannya soal kondisi bangsa Indonesia saat ini. Dalam video itu Jerry menuding adanya pengaruh komunis dalam pemerintahan.

"Sudah jelas ada infiltrasi komunis dan lain-lain masuk ke Indonesia mau diambil negara ini untuk dia punya sendiri. Rakyat Indonesia bukan muslim saja, kita semua harus bersatu, harus maju sampai negara ini jujur lagi sampai Presiden Republik Indonesia nama Prabowo, bukan nama yang sekarang," tutur Jerry dalam video yang tersebar di media sosial, seperti dilihat detikcom, Selasa (28/5/2019).

Jerry kemudian mendesak Jokowi untuk segera mundur dari pemerintahan. Jerry menuding Jokowi tidak mengikuti konstitusi.

"Yang sekarang sudah jujur tidak bener, dia harus mundur dan juga harus kena hukum. Dia nggak ikut konstitusi Indonesia, dia nggak bener and ini memang untuk Republik Indonesia, dia harus turun cepat, jangan tunggu sampai Oktober," tutur Jerry.


Jerry D Gray dItangkap polisi karena hina JokowiJerry D Gray ditangkap polisi karena menghina Jokowi. (Farih Maulana/detikcom)

Video tersebut beredar viral di media sosial hingga akhirnya Unit Krimsus Satreskrim Polres Jakarta Barat menemukan video tersebut. Tim Satreskrim Polres Jakbar di bawah pimpinan AKBP Edi Suranta Sitepu dan Kanit Krimsus AKP Rulian kemudian menyelidiki video tersebut.

Tidak butuh waktu lama, polisi pun menangkap Jerry di rumahnya di kawasan Srengseng, Jakarta Barat, pada pukul 09.30 WIB, Selasa (28/5). Jerry dibekuk tanpa perlawanan.

Jerry diketahui merupakan pria asal Amerika Serikat. Dia lahir di Jerman dan tinggal di Amerika Serikat sejak usia 3 tahun.

Jerry kemudian menjadi warga negara Indonesia pada tahun 2010. Jerry juga diketahui sudah dua kali menikah dengan wanita WNI.

"Angkatan udara, dia sempat selama 4 tahun jadi angkatan udara di Amerika Serikat," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Polres Jakbar, Slipi, Jakarta Barat, Selasa (28/5/2019).



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com