DetikNews
Selasa 28 Mei 2019, 16:01 WIB

Jerry D Gray yang Ditangkap karena Hina Jokowi Berstatus WNI

Farih Maulana Sidik - detikNews
Jerry D Gray yang Ditangkap karena Hina Jokowi Berstatus WNI Jerry Duane Gray (baju merah). (dok. istimewa)
Jakarta - Mantan tentara Amerika Serika (AS), Jerry Duane Gray ,ditangkap polisi karena menghina Presiden Joko Widodo (Jokowi). Bule yang menuding pemerintahan era Jokowi disusupi komunis itu merupakan warga negara Indonesia (WNI).

"Warga negara Indonesia, tadi sudah saya sampaikan. Ya dia mengaku juga pernah jadi jurnalis juga," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Mapolres Metro Jakarta Barat, Selasa (28/5/2019).




Kepada polisi, Jerry mengaku sudah menjadi WNI sejak 2010. Polisi akan mencocokkan pengakuan Jerry dengan keterangan dari pihak imigrasi.

"Kemudian kami juga berkoordinasi dengan pihak imigrasi bahwa pengakuan yang bersangkutan mulai tahun 2010 menyandang status WNI," Kapolres Jakbar Kombes Hengki Haryadi menambahkan.




Selain soal status WNI, polisi akan menyelidiki kegiatan Jerry sebelum mendapatkan status WNI. Polisi juga akan meminta bantuan pihak imigrasi.

"Sebelum tahun itu, selama kurang-lebih 15 tahun, kita harus adakan penyelidikan juga apa kegiatan yang bersangkutan apakah benar sebagai instruktur selam? Apakah benar sebagai wartawan? Kami akan dalam berkoordinasi dengan imigrasi apakah ada kegiatan-kegiatan lain dari yang bersangkutan di Indonesia," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Jerry ditangkap di rumahnya di kawasan Srengseng, Kembangan, Jakarta Barat, pada pukul 09.30 WIB. Dalam sebuah video, pria asal Jerman itu menyebut pemerintahan Jokowi telah disusupi komunis dan dia juga mendesak Jokowi mundur sebagai presiden.




Simak Juga 'Bule Pak Jerry Ditangkap karena Tuding Pemerintah Curang hingga PKI':

[Gambas:Video 20detik]


(zak/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed