detikNews
Selasa 28 Mei 2019, 10:05 WIB

Lepas Tim Liputan Transmedia, Menhub Yakin Mudik 2019 Asyik-Lancar

Farih Maulana Sidik - detikNews
Lepas Tim Liputan Transmedia, Menhub Yakin Mudik 2019 Asyik-Lancar Foto: Menhub Budi Karya melepas tim liputan mudik Transmedia (Farih Maulana Sidik/detikcom)
Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri melepas tim liputan mudik dari Transmedia. Ratusan tim kru Transmedia akan meliput jalur mudik di Jakarta-Merak, jalur selatan, dan jalur utara.

Acara pelepasan tim Mudik Transmedia ini digelar di halaman gedung Transmedia, Jl Tendean, Mampang, Jakarta Selatan, Selasa (28/5/2019). CNN Indonesia dan Trans7 mengusung tema Go Mudik.

Budi Karya, Refdi Andri dan Direktur Trans7 Suswati Handayani melepas tim peliputan mudik Lebaran yang bertugas di jalur selatan dan jalur utara.


Dalam sambutannya, Budi Karya mengapresiasi Transmedia yang melakukan peliputan mudik Lebaran tahun 2019. Dia berharap mudik Lebaran ini membuat masyarakat bahagia dengan tagline 'mudik bareng, asik-lancar' yang diusung pemerintah.

"Saya sangat berterima kasih atas acara ini, marilah kita laksanakan mudik bareng asik lancar. Pak Presiden kasih tagliine itu ya, lancar karena tolnya sudah ada. Saya pikir apa yang kita lakukan ini adalah suatu yang mulia dan semoga diberkahi," kata Budi.

"Saya berpesan bahwa tugas ini tugas mulia dan enjoy melaksanakan ini," ujar Budi.




Dia berpesan agar pemudik menyiapkan segalanya selama mudik Lebaran. Selain itu, kata Budi, Kementerian Perhubungan dengan Jasa Raharja menawarkan 'yuk mampir'.

"Saya punya tips yang mesti di-campaign, apa itu? Ini adalah euforia menggunakan jalan tol sampai Kakorlantas bersama kami menerapkan satu arah. Ini kita hitung-hitung rest area itu sudah diperbanyak, kalau semua ke sana nggak cukup. Rest area itu adalah 'emergency'. Persiapkan dari Cikarang Utama berjalan 3 jam tanpa berhenti sehingga tidak ada yang berhenti, tidak ada yang interupsi kendaraan itu. Kementerian Perhubungan dengan Jasa Raharja menawarkan yang namanya 'yuk mampir', ini berisi daftar makanan-makanan. Di sini nanti kita juga bisa download, jadi tidak berupa buku, di gadget masing-masing ada," kata Budi.

Irjen Refdi mengatakan pentingnya peran media untuk membantu menginformasikan kepada masyarakat jalur mudik dan arus balik selama libur Lebaran.

"Dengan kehadiran teman-teman semua bahwa Anda semua akan memberikan semua informasi mudik ini secara lebih luas. Siapa pun yang akan menuju kampung halaman mendapatkan informasi yang luas karena rekan-rekan sudah menelusuri semua jalur, semua hambatan, semua keadaan dan kondisi-kondisi lapangan," ujar Refdi.


Di kesempatan lain, Suswati Hadyanai menilai peliputan arus mudik ini merupakan acara khusus tahunan. Suswati berpesan seluruh tim kru liputan mudik untuk bisa menyajikan liputan menarik bagi penonton Transmedia.

"Kita kepengin memberikan informasi yang baik, informasi yang bisa meluas ke masyarakat bahwa kita ayo mudiknya itu lancar. Lewat mana? Lewat sini, itu kami mengharapkan juga kerja sama Kementerian Perhubungan dan kepolisian untuk melancarkan program kami yang akan disiarkan di CNN, Trans7, detik," kata Suswati.
(gbr/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed