detikNews
Selasa 28 Mei 2019, 01:17 WIB

Coba Selundupkan Sabu ke Rutan Pasangkayu, 2 Orang Diamankan Aparat

Zunita Putri - detikNews
Coba Selundupkan Sabu ke Rutan Pasangkayu, 2 Orang Diamankan Aparat Ilustrasi (Mindra Purnomo/detikcom)
Jakarta - Petugas Rumah Tahanan (Rutan) Pasangkayu, Sulawesi Barat, mengamankan dua orang yang mencoba menyelundupkan sabu di lingkungan Rutan Pasangkayu. Dua orang itu menyimpan sabu di dalam sebuah deodoran.

Kejadian ini berawal ketika MR dan R berkunjung ke Rutan dan menitipkan sejumlah barang kepada warga binaan rutan berinisial AM. Petugas saat itu curiga terhadap sejumlah barang yang dititipkan itu.

"Petugas pengamanan siang menemukannya pada dua orang pengunjung yang hendak menitipkan barang terlarang tersebut ke salah satu warga binaan," kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Sulawesi Barat, Anwar, dalam siaran pers Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, Senin (27/5/2019).

Kedua orang itu menyelundupkan sabu di dalam sejumlah bungkusan plastik kecil dan dititipkan melalui petugas Rutan, Habri. Habri, yang menaruh curiga terhadap kedua orang itu, lantas memeriksa barang itu. Hasilnya benar, salah satu benda yang dititipkan, yakni sebuah deodoran, di dalamnya ditemukan bungkusan plastik yang diduga narkoba jenis sabu.

Foto Petugas Amankan MR dan R di Rutan PasangkayuPetugas mengamankan MR dan R di Rutan Pasangkayu (Foto: Dok. Istimewa)


Setelah itu, Habri langsung melaporkan kepada Kepala Pengamanan Rutan, dan melanjutkan laporan itu kepada Karutan Pasangkayu untuk kemudian berkoordinasi dengan Polres Pasangkayu untuk mengamankan benda mencurigakan dan kedua orang itu.

"Dan dari hasil penyelidikan polisi, betul barang-barang tersebut adalah narkoba jenis sabu. Selanjutnya petugas kepolisian membawa kedua pengujung tersebut ke Polres Pasangkayu untuk dilanjutkan penyelidikan dan pengembangan," katanya.

Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami, memberikan apresiasi terhadap aksi penggagalan masuknya narkoba di Rutan Pasangkayu. "Berkali-kali kami tegaskan, kami sangat berkomitmen mencegah dan memberantas peredaran narkoba di lapas dan rutan," ucap Sri Puguh.
(zap/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com