detikNews
Senin 27 Mei 2019, 15:52 WIB

Dari 334 Sengketa Pemilu di MK, Hanya 10 Kasus Gugatan Calon Senator

Yulida Medistiara - detikNews
Dari 334 Sengketa Pemilu di MK, Hanya 10 Kasus Gugatan Calon Senator Foto: Gedung Mahkamah Konstitusi. (Rengga Sancaya/detikcom).
Jakarta - Mahkamah Konstitusi (MK) sudah menerima 334 gugatan sengketa hasil Pemilu 2019. Di antara gugatan itu, paling banyak diajukan para caleg maupun partai politik.

"Ada 334 (gugatan), itu 323 itu diantaranya diajukan parpol atau caleg," kata Jubir MK, Fajar Laksono di Gedung MK, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (27/5/2019).

Sementara itu ada 10 gugatan yang diajukan oleh calon anggota DPD RI. Serta 1 gugatan diajukan oleh Paslon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno terkait hasil Pilpres 2019.

Fajar mengatakan saat ini masih dalam periode proses perbaikan permohonan dari pihak pemohon gugatan. Soal gugatan yang melebihi batas waktu, nantinya akan diputuskan oleh hakim.


"Jadi tetap diterima, bahwa nanti pengajuan permohonan itu dinyatakan melampaui tenggat waktu itu nanti biar hakim yang menilai," sambungnya.

Fajar mengatakan MK akan menerbitkan apakah permohonan yang diajukan pihak pemohon sudah lengkap atau belum. Ia akan meminta pihak yang belum melengkapi permohonan diajukan sebelum tanggal 1 Juni.


"Kita mau tekan APL (Akta Permohonan Lengkap) atau Akta Permohonan Belum Lengkap (APBL). Jadi mana-mana saja Permohonan yang belum lengkap kita sampaikan, untuk segera melengkapi sampai kemudian 1 Juni fix," kata Fajar.

Sementara itu untuk gugatan mengenai hasil Pilpres 2019, pemohon Prabowo-Sandi diberikan kesempatan memperbaiki permohonan sampai sebelum teregistrasi. MK menjadwalkan akan meregistrasi perkara tersebut pada 11 Juni.

"Kalau (gugatan) pilpres nggak ada APBL, APBL, tapi pemohon kalau mau memperbaiki sampai sebelum registrasi," jelasnya.


7 Tuntutan Prabowo-Sandi dan Deretan Bukti Gugatan BPN ke MK:

[Gambas:Video 20detik]


(yld/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed