detikNews
Senin 27 Mei 2019, 12:26 WIB

Sebar Hoax dan Hina Presiden, Pegawai Kecamatan di Aceh Ditangkap

Agus Setyadi - detikNews
Sebar Hoax dan Hina Presiden, Pegawai Kecamatan di Aceh Ditangkap Ilustrasi Hoax (Foto: Ilustrasi/Thinkstock)
Banda Aceh - Seorang PNS kantor camat di Aceh Barat Daya (Abdya) ditangkap polisi karena diduga menyebar hoax terkait aksi 22 Mei. Pelaku berinisial Kas (44) juga membuat posting-an ujaran kebencian terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Oknum PNS ini sering menyebarkan berita hoax dan isu-isu provokasi melalui media sosial," kata Direktur Reserse Kriminal Umum (Dir Reskrimum) Polda Aceh Kombes Agus Sarjito kepada wartawan, Senin (27/5/2019).


Kas ditangkap di rumahnya di Abdya pada Sabtu (25/5) sekitar pukul 22.30 WIB. Penangkapan dilakukan tim Polda Aceh beserta Satuan Reskrim Polres Aceh Barat Daya.

Menurut Agus, berdasarkan hasil pemeriksaan, Kas diduga telah menyebar informasi yang bertujuan menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan kelompok masyarakat. Selain itu, dia menyebar hoax dan penghinaan terhadap penguasa.


Tindak pidana ini diduga dilakukan Kas lewat posting-an video dan tulisan.

"Kata-kata ujaran kebencian terhadap kepala negara serta unsur SARA dilakukannya melalui akun Facebook miliknya sekitar tanggal 23 Mei lalu," jelas Agus.


Berdasarkan hasil pemeriksaan awal, kata Agus, Kas mengakui telah menyebarkan unggahan tersebut, namun tidak ada maksud dan tujuan menghina. Kas juga mengaku tidak berpihak pada kedua pasangan calon presiden-calon wakil presiden.

"Sampai saat ini Kas sedang dilakukan proses penyidikan lebih lanjut guna mengetahui apa motifnya melakukan tindak pidana tersebut," ungkap Agus.
(agse/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed