detikNews
Senin 27 Mei 2019, 11:53 WIB

BMKG Prediksi Hujan Intensitas Tinggi Guyur Kendari Bulan Juni

Tim detikcom - detikNews
BMKG Prediksi Hujan Intensitas Tinggi Guyur Kendari Bulan Juni ilustrasi hujan (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta - BMKG memprediksi Kendari, Sulawesi Tenggara, bakal sering diguyur hujan di bulan Juni 2019 . Intensitas curah hujan cukup tinggi sehingga sangat rawan terjadi banjir.

"Berdasarkan data historis selama 15 tahun, potensi bencana banjir di kota Kendari dapat terjadi setiap bulan Februari hingga Juli,"ungkap Kasie observasi dan Informasi BMKG Stasiun Maritim Kendari Adi Istiyono, yang dikutip Antara, Senin (27/5/2019).

Tidak salah bila masyarakat Kota Kendari, saat ini masih trauma dengan bencana banjir besar yang terjadi 17 Juli 2013 silam. Saat itu ada 10 wilayah kecamatan lumpuh total, akibatnya lebih dari 2.500 warga terpaksa mengungsi, satu diantaranya meninggal dunia, serta ribuan rumah terendam banjir.



Menurut Adi Istiyono, dengan kondisi geografis Kota Kendari, sangat rawan terjadi banjir karena letaknya berada di tepi teluk dan diapit wilayah pegunungan.

Kondisi ini disebabkan adanya masa udara basah yang memasuki wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) khususnya Kendari, sehingga potensi pembentukan awan-awan konfektif atau awan bergerak cukup tinggi.

Di sisi lain BMKG Kendari juga mengeluarkan peringatan dini terkait gelombang tinggi yang berlaku sejak 26-29 Mei, tinggi gelombang 1,25 meter hingga 2,5 meter berpeluang terjadi di perairan laut Baubau, Kepulauan Wakatobi, Menuui-Kendari, laut Banda timur Sultra, teluk tolo dan perairan kepulauan Banggai.

Potensi terjadinya bencana banjir di Kota Kendari, diakui warga yang setiap tahun ikut merasakan dampak musibah tersebut.

"Hampir setiap tahun wilayah kami menjadi langganan banjir, dengan ketinggian 50 centimeter hingga satu meter," tutur Ny Muksin, warga Lepo-Lepo Kota Kendari.


(rvk/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed