detikNews
Minggu 26 Mei 2019, 12:58 WIB

Cek Terminal Kampung Rambutan, Menhub Temukan Bus Tak Laik Jalan

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Cek Terminal Kampung Rambutan, Menhub Temukan Bus Tak Laik Jalan Foto: Menhub Budi karya cek Terminal Kampung Rambutan (M Fida/detikcom)
Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengecek persiapan pelayanan mudik Lebaran ke Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. Saat melakukan pengecekan, masih ditemukan bus yang tidak laik beroperasi karena tidak memiliki alat penunjang keselamatan lengkap.

"Ada satu bus Primajasa tidak memenuhi syarat. Oleh karenanya kita tidak mengizinkan bis melakukan perjalanan," kata Budi Karya di lokasi, Minggu (26/5/2019).


Alat penunjang keselamatan yang dimaksud Budi Karya adalah martil untuk memecahkan kaca jika keadaan darurat. Bus tersebut pun tak diizinkan melayani perjalanan mudik.

Selain itu, ia memastikan tarif bus di masa mudik Lebaran 2019 sudah memenuhi ketentuan. Dia menuturkan tidak ada kenaikan signifikan untuk bus ekonomi.

"Saya cek berkaitan tarif, memenuhi ketentuan. Di Solo ketentuannya Rp 135 ribu yang ekonomi. Yang premium bisa sendiri," tuturnya.
Cek Terminal Kampung Rambutan, Menhub Temukan Bis Tak Laik JalanFoto: Menhub Budi karya cek Terminal Kampung Rambutan (M Fida/detikcom)

Terkait terminal bayangan, Budi Karya belum akan melakukan penegakan hukum karena masih disibukkan dengan persiapan mudik lainnya. Pihaknya akan kembali melakukan pengawasan usai lebaran.

"Terminal bayangan untuk sekarang tidak lakukan law enforcement karena sekarang ini kegiatan masing-masing banyak sekali. Tapi setelah lebaran akan tertibkan semua terminal bayangan," kata Budi Karya.


Simak Juga "Lokasi SPBU di Tol Jawa dan Sumatera":

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/tsa)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed