DetikNews
Sabtu 25 Mei 2019, 17:25 WIB

Sandi Apresiasi Inkubasi Usaha Berbasis Masjid di Pasar Minggu

Ibnu Hariyanto - detikNews
Sandi Apresiasi Inkubasi Usaha Berbasis Masjid di Pasar Minggu Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno menghadiri peluncuran program Risbapreneur di Masjid Raya Palapa Baitussalam, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. (Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom)
Jakarta - Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno menghadiri peluncuran program Risbapreneur di Masjid Raya Palapa Baitussalam, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Sandiaga terkesan dengan program risbapreneur tersebut.

"Saya sangat terkesan program inkubasi usaha berbasis masjid ini. Saya setuju tadi bahwa Oke Oce tantangannya rentan umur. Kalau di sini milenial semua," kata Sandi di Masjid Raya Palapa Baitussalam, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu (25/5/2019).


Risbaprenuer sendiri merupakan program inkubasi usaha berbasis masjid. Pelaku Risbapreneur ini kebanyakan para remaja masjid.

Sandi mengatakan masjid sejak dulu bukan hanya pusat peribadahan saja, melainkan pusat peradaban manusia untuk meningkat ilmu pengetahuan dan ekomoni. Menurutnya, program-program usaha yang berbasis di masjid itu memiliki pasar tersendiri.

"Kita melihat betul masjid ini selalu dikunjungi dan akan jadi pasar yang akan memiliki traffic. Karena kegiatan ekonomi di sini akan dapat kelebihan paling tidak ada traffic, minimal lima kali sehari saat salat fardu," ungkapnya.


Ia pun berharap Risbapreneur yang diadakan di Masjid Raya Palapa Baitussalam, Pasar Minggu bisa menjadi penggerak bangkitnya program usaha berbasis masjid. Sehingga Risbapreneur ini bisa menjadi harapan bangsa dalam mencetak pengusaha-pengusaha di masa depan.

"Saya senang ikut launching ini mudah-mudah Oke Oce dan Risbapreneur bisa mencetak anak muda menjadi pencipta lapangan kerja bukan pencari lapangan kerja. Insyaallah Risbapreneur ini mudah-mudah bisa maju. Pesan saya kelola dengan profesional, sudah saat tumbuh anak-anak masjid remaja masjid jadi pengusaha," sebutnya.

Dalam kesempatan itu, Sandi juga berbagi cerita mengenai perjalanannya membangun perusahanan konsultan keuangan. Sandi mengatakan dalam memulai usahanya dirinya hanya memiliki 3 karyawan dan mendapatkan kesulitan-kesulitan.

"Saya mulai dengan konsultan keuangan dari 3 karyawan awalnya, dan susah mendapat klien. Usaha yang dibangun sangat kecil dengan 3 karyawan dan invoice pertama saya dari klien itu Rp 10 juta. Itu saya simpan sampai sekarang untuk menyemangati saya," katanya.


Tonton video Eks Pimpinan KPK Pimpin Gugatan Prabowo-Sandi ke MK:

[Gambas:Video 20detik]


(ibh/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed