DetikNews
Jumat 24 Mei 2019, 23:06 WIB

Anies Dengar Curhat DPRD DKI soal Banyaknya Wajah Baru di Kebon Sirih

Yulida Medistiara - detikNews
Anies Dengar Curhat DPRD DKI soal Banyaknya Wajah Baru di Kebon Sirih Gubernur Anies Baswedan (Arief/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Anies Baswedan mengaku mendengarkan curhatan anggota DPRD DKI terkait banyaknya 'wajah baru' atau caleg baru yang lolos ke DPRD DKI. Anies menyebut banyak caleg petahana yang curhat terkait hal itu.

"Bahas pengalaman soal pileg kemarin. Kan pada cerita-cerita, di Dewan katanya cuma sekitar 60-an persen yang bertahan, 40 (persen) ganti yang baru," kata Anies seusai buka puasa bersama anggota DPRD DKI di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (24/5/2019).



Selain itu, anggota DPRD juga ada yang curhat terkait perolehan kursi dan suara partai. Anies mengatakan ada anggota DPRD yang meraih banyak suara tetapi tidak mendapatkan kursi.

"Tadi lebih banyak cerita mereka yang suaranya banyak tapi nggak dapat kursi," ujarnya.

Selain itu, ada partai yang meraih suara lebih besar dari sebelumnya tetapi jumlah perolehan kursinya menurun. Ia menyebut para anggota DPRD merasa pemilu serentak ini cukup berat dibandingkan sebelumnya.

"Ada yang partainya suaranya naik tapi kursinya turun. Jadi cerita itu dan katanya sih yang paling berat dari pemilu yang pernah mereka alami," ungkapnya.



Sebelumnya, Penasihat Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi (Pras) memprediksi kursi partainya berkurang. Pras memprediksi PDIP mendapat 25 kursi dari sebelumnya 28 kursi.

"Masalah kemenangan Jakarta juga, kita kehilangan tiga kursi. Dari laporan pleno KPU, dari 28 jadi 25 kursi. Ya saya terima kasih. Karena bukan apa-apa. Karena caleg kalau nggak kerja 5 tahun ya sanksinya masyarakat nggak bisa memilih dia lagi," kata Pras kepada wartawan, Senin (13/5).

Terkait anggota DPRD DKI Jakarta nanti, Pras mengatakan 60 persen merupakan wajah baru. Dia optimistis kinerja anggotanya tetap baik.

"Kurang-lebih 60 persen banyak caleg baru, tokoh baru di DPRD. Mudah-mudahan bisa kerja dengan baik," kata Pras.
(yld/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed