detikNews
2019/05/24 21:04:26 WIB

Misteri Pertemuan Diam-diam JK dan Prabowo

Tim detikcom - detikNews
Halaman 2 dari 2
Misteri Pertemuan Diam-diam JK dan Prabowo Prabowo Subianto (Agung Pambudhy/detikcom)


Presiden Jokowi juga belum bisa mengungkapkan hasil pertemuan JK dengan Prabowo. Dia mengaku belum bertemu dengan JK. Karena itu, Jokowi belum tahu isi pertemuan JK dengan Prabowo.

"Kemarin Wapres Pak JK sudah ketemu (Prabowo). Saya belum ketemu Pak JK, harusnya tadi siang, tapi ada acara lain, jadi belum ketemu," kata Jokowi di Istana, Jakarta (24/5/2019).

Meski demikian, Jokowi menyebut, pertemuan JK dengan Prabowo merupakan inisiatifnya dan JK. "Atas inisiatif Pak JK dan saya," ujarnya.

Meski mengaku belum tahu isi pertemuan JK-Prabowo, Jokowi mengatakan pertemuan dengan rivalnya penting untuk mendinginkan suasana. Rakyat akan melihat bahwa di kalangan elite rukun-rukun saja.

"Ya kan dilihat baik oleh masyarakat, akan dilihat baik oleh rakyat, mendinginkan suasana, bahwa di elite elite politik baik-baik saja, nggak ada masalah, saya kira paling penting itu. Kalau elitenya rukun, baik baik saja, di bawah juga kan dingin, akan sejuk," ujarnya.



Lain dengan Jokowi, cawapres Sandiaga Uno justru mengaku mengetahui isi pertemuan JK dengan Prabowo. Menurut Sandiaga, Prabowo menjelaskan langkah hukum pascapenetapan hasil pilpres oleh KPU.

"Tentunya itu adalah bagian dari komunikasi politik. Pak Prabowo menyampaikan bahwa ini langkah yang akan ditempuh sesuai dengan undang-undang, koridor, sesuai dengan tahapan konstitusi," kata Sandiaga di Jalan Sriwijaya, Jakarta Selatan, Jakarta, Jumat.

Kepada JK, Prabowo juga menyebut langkah-langkah yang akan ditempuh Koalisi Indonesia Adil dan Makmur adalah cara damai.

"Dan Pak Prabowo juga menyampaikan yang tentunya terus disampaikan kepada masyarakat, bahwa langkah-langkah ke depan itu harus selalu dalam koridor tenteram, aman, damai," kata Sandiaga.


(idn/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed