detikNews
Jumat 24 Mei 2019, 19:25 WIB

Relawan dan TKN Jokowi-Ma'ruf Bukber dengan Aparat di Bundaran HI

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Relawan dan TKN Jokowi-Maruf Bukber dengan Aparat di Bundaran HI Relawan Gojo dan TKN di Bundaran HI (Jefrie/detikcom)
Jakarta - Pihak Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf Amin melakukan kegiatan bagi-bagi takjil di Bundaran HI, Jakarta Pusat. Takjil dibagikan kepada aparat Polri yang berjaga di sekitar lokasi. Selain membagikan takjil, TKN mengajak aparat buka puasa bersama.

detikcom memantau suasana di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Jumat (24/5/2019) menjelang Magrib. Tampak hadir Koordinator Nasional Relawan Gojo Rizal Mallarangeng, juru bicara TKN Meutya Hafid, Direktur Program TKN Aria Bima, dan Wakil Direktur Penggalangan Pemilih Muda TKN Kirana Larasati.

Para polisi yang berjaga satu per satu dihampiri dan diberi takjil. Tidak hanya itu, aparat di lokasi juga diberi makanan dan minuman untuk berbuka.


Relawan Gojo serta TKN kemudian membaur bersama aparat buka puasa bersama. Semua kompak duduk bersila di sepanjang trotoar di salah satu sisi di Bundaran HI.

Rizal Mallarangeng mengatakan agenda ini merupakan bagian kecil untuk menyatakan simpati dari Relawan Gojo dan TKN kepada TNI-Polri.

Relawan Gojo dan TKN di Bundaran HIRelawan Gojo dan TKN di Bundaran HI. (Jefrie/detikcom)

"Teman-teman polisi, tentara, Brimob, yang telah dengan sabar mengawal ketertiban, keamanan kita, yang menjadi salah satu pilar demokrasi Indonesia. Kalau tidak ada ketertiban, kalau tidak ada keamanan, kalau mereka emosional, kalau mereka kehilangan kesabaran, kan sangat amat berbahaya bagi kita semua, sehingga kita memberikan apresiasi. Walaupun kecil, tapi sebagai bentuk simpati," katanya.

Rizal mengatakan kegiatan ini sudah dilakukan mereka sejak kemarin. Hari ini, selain di Bundaran HI, ada tiga titik lainnya mereka membagikan bantuan kepada aparat.

"Sekarang juga di empat titik, bukan cuman di sini. Ada vitamin. Tadi pagi malah ke gedung MPR/DPR, kebetulan bukan makanan, kita bawa satu truk kecil lagi, odol, sikat gigi, sabun. Karena sudah empat hari di tenda. Jadi, kalau nggak pakai sabun, nggak bagus juga, karena nggak nyangka begitu lamanya. Jadi ini bentuk partisipasi. Mudah-mudahan situasi segera pulih kembali, keamanan segera pulih kembali, dan Jakarta beroperasi secara normal. Insyaallah semua prosesnya kita lewati secara konstitusional, akan bisa dilewati dengan baik," jelasnya.

Aria Bima berharap situasi di Jakarta bisa segera kondusif seperti semula. Dia ingin agar aparat juga bisa cepat pulang ke rumah dan menjalankan ibadah Ramadhan dengan keluarga.

"Harapan para Brimob dan polisi ini pengin segera buka puasa di rumah dengan anak istri dan keluarga. Tadi dia ngomong. Ada yang dari Jambi. Ada yang dari Makassar. Jadi katanya, 'Mas, kapan selesai, kita pengin buka puasa sama keluarga, sama anak'. Jadi kita berharap ini segera selesai. Karena apa pun, polisi-polisi ini secara fungsional mereka bertugas. Tapi secara pribadi rasa kemanusiaannya adalah juga sebagai bapak dari anak-anak dan suami dari istrinya yang perlu menjalankan ibadah puasa Ramadhan di daerahnya masing-masing. Saya kira itu penting harus kita perhatikan," ucapnya.

Rizal menimpali, dirinya berharap semua pihak tidak lupa bahwa Jakarta adalah ibu kota. Dia berharap kondisi di Jakarta segera pulih agar aktivitas warga dan perekonomian tidak terganggu.

"Kalau kita lihat sekarang ini kan, kita ini kayak situasi darurat. Ya memang setengah darurat kalau kita lihat kemarin. Insyaallah akan pulih dan sekarang sudah mulai pulih tapi kan kita lihat masih ditutup. Masih untuk menjaga berbagai kemungkinan. Nah, mudah-mudahan segera Jalan Thamrin ini, yang menjadi jalan protokol nomor satu seluruh Indonesia, segera pulih sebagaimana biasanya," ujarnya.



Simak Juga 'Disambut Selawat, Jokowi Bukber Bareng TNI-Polri':

[Gambas:Video 20detik]


(hri/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed