detikNews
Rabu 22 Mei 2019, 00:24 WIB

Polisi Jelaskan Soal Kelompok Terduga Teroris di Garut

Audrey Santoso - detikNews
Polisi Jelaskan Soal Kelompok Terduga Teroris di Garut Penyergapan lima terduga teroris di Garut (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta - Polisi menjelaskan mengenai asal usul terduga teroris yang diamankan di Garut. Mereka merupakan pecahan dari kelompok Jamaah Ansharut Tauhid (JAT).

"Dari kelompok pimpinan seorang ustaz di Malang," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo kepada detikcom, Selasa (21/5/2019).



Dedi menerangkan cita-cita kelompok ini sejalan dengan kelompok teroris lainnya, yaitu ingin menjadikan Indonesia negara Islam. Oleh karena itu perlu dilakukan penindakan.

Sebelumnya diberitakan lima terduga teroris ditangkap di Jalan Raya Malangbong, Garut, Jawa Barat, pukul 16.00 WIB hari ini. Kelima terduga teroris ditangkap oleh satuan gabungan (satgab) Polres Garut, Kodim 0611, dan Brimob Polda Jabar.

Awal tertangkapnya kelima terduga teroris bermula dari kegiatan penyekatan jalur Limbangan. Anggota di lapangan kemudian mendapat informasi adanya kelompok teroris yang berangkat ke Jakarta menggunakan mobil warna hitam dengan pelat nomor Z-1682-WY.

Setelah ditangkap, kelima terduga teroris dibawa ke Mapolres Garut untuk diperiksa lebih lanjut. Dedi menuturkan identitas kelima terduga teroris adalah S, Y, AH, B, dan J.
(aud/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com