detikNews
Selasa 21 Mei 2019, 19:21 WIB

Tak Maju Lagi Jadi Pimpinan KPK, Saut: Saya Jadi Senior Saja

Haris Fadhil - detikNews
Tak Maju Lagi Jadi Pimpinan KPK, Saut: Saya Jadi Senior Saja Wakil KPK Saut Situmorang/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah membentuk pansel calon pimpinan KPK. Apakah Wakil Ketua KPK saat ini, Saut Situmorang, akan kembali maju?

"Kalau ditanya, ya saya pikir sudah saatnya saya menjadi senior saja, kira-kira begitu," kata Saut di gedung penunjang KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (21/5/2019).

Saut mengaku percaya kalau orang-orang yang akan menjadi pimpinan KPK berikutnya bisa lebih baik dari periode saat ini. Dia mengingatkan sejumlah poin yang harus dimiliki orang yang ingin menjadi pimpinan KPK.





"Orang yang menyusul di belakang saya pasti dia lebih banyak belajar tentang KPK. Oleh sebab itu orang yang akan di belakang kita akan lebih baik dari kita. Integritasnya, kemudian loyalitasnya, bicara sembilan nilai, kejujuran, kepedulian, kemandirian, keberanian termasuk," jelasnya.

Sambil bercanda Saut juga bicara soal rencananya jika tak lagi jadi pimpinan KPK. "Nanam ubi jalar atau melihara ayam deh," ucap Saut.

Pendaftaran capim KPK untuk periode tersebut dibuka bulan depan. Peminat bisa mendatangi langsung sekretariat pansel yang berada di Kementerian Sekretariat Negara Gedung I lantai 2, Jalan Veteran Nomor 18 Jakarta. Selain itu bisa juga mengirimkan lamaran lewat pos atau surat elektronik (e-mail).





"Pendaftaran capim KPK diselenggarakan mulai tanggal 17 Juni sampai dengan 4 Juli 2019 pada pukul 09.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB," ujar Ketua Pansel Capim KPK Yenti Ganarsih di gedung Kemensesneg, Jalan Veteran Raya, Jakarta, Senin (20/5).

Ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi antara lain Surat pernyataan dengan materai tidak tersangkut partai politik hingga Makalah tentang Menggagas Akselerasi Peran KPK dalam Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi.


Simak Juga 'Mau Jadi Pimpinan KPK? Eits, Catat Dulu Nih Syaratnya!':

[Gambas:Video 20detik]


(haf/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed