DetikNews
Selasa 21 Mei 2019, 15:14 WIB

Kapolda Metro Temui Massa yang Demo di Depan Bawaslu

Farih Maulana - detikNews
Kapolda Metro Temui Massa yang Demo di Depan Bawaslu Kapolda Metro Jaya Temui Massa yang Demo di Bawaslu. (Farih Maulana/detikcom)
Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono memantau pengamanan demonstrasi menolak kecurangan Pemilu 2019 di depan kantor Bawaslu. Gatot menemui Kapolres Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan, yang sedang bernegosiasi dengan massa aksi.



Gatot tiba di lokasi aksi, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2019) pukul 14.40 WIB. Gatot tampak didampingi sejumlah pejabat utama Polda Metro Jaya.

Setiba di lokasi, Gatot mendatangi Kapolres Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan, yang sedang berdiri di atas mobil komando. Lewat pengeras suara, Harry melakukan negosiasi dengan massa aksi.

"Tolong yang lainnya diam, kita berdialog dengan ustaz yang di mobil komando. Silakan Kombes Bambang untuk mendampingi massa yang dari arah Bundaran HI untuk bisa merapat. Tapi butuh waktu, karena jaraknya sekitar 200 sampai 500 meter ke sini," kata Harry.



Salah satu yang menjadi poin negosiasi adalah meminta massa aksi yang berkumpul di depan kantor Bawaslu bergeser ke dekat perempatan Sarinah. Massa yang berada di depan kantor Bawaslu tampak sudah penuh.

Massa menyetujui permintaan tersebut. Namun mereka meminta agar massa yang hendak bergabung unjuk rasa dari Bundaran HI tidak dihalau.


Kapolda Metro Temui Massa yang Demo di Depan BawasluFoto: Farih Maulana/detikcom

Diketahui, massa yang berdemo menolak kecurangan pemilu ini datang dari berbagai titik, yakni dari arah Monas, Gondangdia, dan Kebon Sirih. Aksi massa ini pun dikawal ketat oleh pihak kepolisian.

Massa tampak membawa spanduk bertulisan 'Rakyat Bersatu Melawan Pemilu Curang!'. Selain itu, mereka membawa poster bertulisan 'Lawan Pemilu Curang'.

Massa didominasi kaum laki-laki, tapi tak ketinggalan emak-emak pun hadir. Massa yang mengatasnamakan Gerakan Nasional Kedaulatan Rakyat (GNKR) ini juga menggunakan ikat kepala dengan tulisan serupa. Selain orasi, massa sempat berselawat di depan gedung Bawaslu.


Bawaslu Dijaga Ketat Pasca Penetapan Hasil Rekapitulasi:

[Gambas:Video 20detik]


Kapolda Metro Temui Massa yang Demo di Depan Bawaslu

(knv/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed