detikNews
Selasa 21 Mei 2019, 09:41 WIB

Ikatan Pilot Indonesia: Pilot IR Ajak Rusuh 22 Mei Bukan Anggota Kami

Indra Komara - detikNews
Ikatan Pilot Indonesia: Pilot IR Ajak Rusuh 22 Mei Bukan Anggota Kami Penangkapan Pilot Polres Jakbar (Foto: istimewa)
Jakarta - Ikatan Pilot Indonesia (IPI) menegaskan, pilot IR yang ajak rusuh 22 Mei bukan anggotanya. IPI mengimbau semua anggota untuk profesional dalam bekerja sebagai pilot penerbangan.

"Pilot tersebut bukan anggota dari IPI," ujar Ketum Ikatan Pilot Indonesia (IPI) Captain Rama Noya, saat dihubungi, Selasa (21/5/2019).


IPI sudah menyatakan sikap dalam Pemilu 2019. Ikatan Pilot Indonesia menjaga profesionalitas dan melarang anggotanya terlibat hal-hal yang menimbulkan kegaduhan dan memperburuk citra pilot.

"Pemikiran yang bersangkutan secara pribadi. Kalau dari IPI kita sudah mengeluarkan statement bahwa kita menjaga pilot tetap profesional, tak terlibat hal seperti ini. Karena kita bertugas menaikkan safety dari penerbangan, tugas kita itu, jadi IPI mengimbau rekan pilot bisa profesional, baik dalam kegiatan sosial maupun hal pekerjaan," tuturnya.

"Kita sudah berusaha menyampaikan imbauan kepada rekan-rekan untuk profesional dan tak terlibat hal-hal yang menimbulkan kegaduhan atau ketidaknyamanan pada orang lain, baik di media sosial atau kehidupan sosial," imbuh Rama.


Sebelumnya, pilot IR dibekuk aparat Polres Jakarta Barat. IR ditangkap karena menyebar ujaran kebencian (hate speech) agar masyarakat ikut rusuh pada 22 Mei.

"Dalam posting-annya, IR menyebarkan konten ujaran kebencian serta narasi-narasi yang mengandung teror, hasutan, dan menakutkan. Salah satunya, pesan yang disebarkan melalui akun Facebook-nya adalah menghasut masyarakat untuk melakukan perlawanan pada 22 Mei 2019 saat pengumuman resmi hasil rekapitulasi KPU RI," kata Kasatreskrim Polres Jakarta Barat AKBP Edy Suranta Sitepu dalam keterangannya, Minggu (19/5).

IR ditangkap Satreskrim Polres Jakarta Barat di rumahnya di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (18/5). Awalnya, IR diperiksa di Polrestabes Surabaya. Polisi menyatakan IR juga menyebarkan konten mengandung teror dan konten-konten hoax.



Ajak Rusuh 22 Mei, Oknum Pilot Ditangkap Polisi:

[Gambas:Video 20detik]

Ikatan Pilot Indonesia: Pilot IR Ajak Rusuh 22 Mei Bukan Anggota Kami

(idn/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed