DetikNews
Senin 20 Mei 2019, 15:40 WIB

Menhub Wajibkan Ramp Check Angkutan Lebaran: Banyak Bus Tak Standar!

Ibnu Hariyanto - detikNews
Menhub Wajibkan Ramp Check Angkutan Lebaran: Banyak Bus Tak Standar! Diskusi tentang mudik 2019 di Kominfo (Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom)
Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut masih banyak angkutan mudik terutama bus yang belum sesuai standar keselamatan. Seluruh pemerintah daerah (pemda) pun diminta Budi Karya untuk segera melakukan inspeksi keselamatan atau ramp check terhadap seluruh angkutan mudik Lebaran 2019.

"Ramp check harus dilakukan. Banyak bus yang tidak standar, kita lakukan ramp check," kata Budi Karya dalam diskusi 'Mudik, Aman, dan Lancar' di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (20/5/2019).

"Kita sampaikan berkaitan dengan keselamatan, kita sudah koordinasi dengan pemerintah daerah," imbuh Budi Karya.

Sejauh ini, menurut Budi Karya, hampir 70 persen bus di seluruh Indonesia sudah menjalani ramp check. Selain untuk angkutan bus, perlakuan serupa disebut Budi Karya juga diharuskan untuk angkutan udara atau pesawat.




"Apa yang kita minta ke matra udara itu yang safety, harus dilakukan ramp check (pesawat)," kata Budi Karya.

Selain itu Budi Karya sekali lagi mengingatkan masyarakat untuk tidak menggunakan sepeda motor untuk mudik. Sebab, menurut Budi Karya, kecelakaan saat arus mudik didominasi pemudik sepeda motor.

"Selain menambah ramp check, pesan yang lain sepeda motor. Berkali-kali kecelakaan banyak karena motor. Karenanya silakan tidak menggunakan motor," kata Budi Karya.

"(Tapi) kita buka alternatif mudik gratis ada kereta, bus, kapal laut," imbuh Budi Karya.



Simak Juga 'Tak Turunkan Harga Tiket, Menhub Ancam Maskapai dengan Pinalti':

[Gambas:Video 20detik]


(ibh/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed