detikNews
Senin 20 Mei 2019, 09:50 WIB

TKN Puji Zulkifli yang Ucapkan Selamat ke Ma'ruf Amin: Demokrat Sejati

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
TKN Puji Zulkifli yang Ucapkan Selamat ke Maruf Amin: Demokrat Sejati Foto: Abdul Kadir Karding (Rinto Heksantoro/detikcom)
Jakarta - Ketua MPR yang juga Ketum PAN Zulkifli Hasan mengucapkan selamat kepada Ma'ruf Amin saat bertemu di acara buka puasa. Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin menyebut sikap Zulkifli itu layak dicontoh oleh pimpinan lainnya.

"Ya memang sebagai seorang warga negara yang baik, langkah Pak Zul sudah benar, karena itu yang sesuai UU dan itu sesuai tahapan demokrasi. Dan semua orang harus bersikap seperti itu," ujar Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Abdu Kadir Kadir kepada wartawan, Senin (20/5/2019).



Karding menilai, sikap Zulkifli itu menunjukkan kenegarawanan pimpinan parpol oposisi itu. Bahwa, kata dia, sebagai pimpinan Zulkifli siap kalah dan siap menang.

"Dan faktanya memang Pak Jokowi menang dan cukup besar sekitar 16 juta suara. Jadi Pak Zul orang yang taat dan menghargai lembaga-lembaga yang bekerja. Artinya beliau ini orang yang siap menang siap kalah. Dan pengalaman saya, orangnya sangat terbuka," katanya.

Politikus PKB itu pun mengungkapkan sikap kenegarawanan Zulkifli juga pernah ditunjukkan pada Pilpres 2014 lalu. Zulkifli yang saat itu juga tak mendukung Jokowi mampu secara pro-aktif mendorong pelantikan eks Gubernur DKI Jakarta itu dan mendorong semua pihak untuk menerima hasil Pemilu 2014.

"Kalau Pak Zul itu sejak periode kemarin juga berbeda dengan Pak Jokowi tapi yang saya paham, beliau walau Ketua MPR dengan segala kapasitasnya mampu mengkondisikan agar pelantikan Pak Jokowi periode pertama itu berjalan baik dan pro aktif di dalam mendorong pelantikan itu, termasuk semua pihak menerima hasil 2014 kemarin. Jadi saya memang mengenal Pak Zul adalah seorang negarawan, seorang yang sangat mengerti tentang demokrasi. Bahkan saya bisa katakan Pak Zul itu demokrat sejati," tutur Karding.

"Jadi saya meyakini bahwa Pak Zul itu adalah terhadap hasil Pilpres insyaallah beliau akan bersikap yang sama dengan 2014, karena pada prinsipnya itulah yang harus kita lakukan. Itu lah yang mesti dilakukan, karena semua sudah bekerja, penyelenggara pemilu sudah bekerja secara transparan," sambung dia.



Sebelumnya diberitakan, Ketum PAN Zulkifli Hasan dan cawapres Ma'ruf Amin sama-sama menghadiri buka puasa bersama Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti). Zulkifli mengucapkan selamat kepada Ma'ruf, yang menang Pilpres 2019 versi quick count.

"Pak Kiai, selamat. Walaupun nanti tanggal 22 (Mei), tapi saya ucapkan selamat," ujar Zulkifli sambil menjabat tangan Ma'ruf di Twin Plaza Slipi, Jakarta Barat, Minggu (19/5/2019).

Merespons Zulkifli, Ma'ruf hanya menjawab dengan tawa. Ma'ruf langsung berjalan di bangku yang telah disediakan.

"Ha-ha-ha...," kata Ma'ruf.


Zulhas soal Rekonsiliasi Jokowi-Prabowo: Bagus Kalau Bisa
(mae/azr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed