detikNews
2019/05/18 21:59:02 WIB

Round-Up

AS Keluarkan Peringatan Keamanan, Istana Tegaskan 22 Mei Aman

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
AS Keluarkan Peringatan Keamanan, Istana Tegaskan 22 Mei Aman Foto ilustrasi: Kantor KPU RI, Jakarta. (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Keduataan Besar Amerika Serikat (AS) menerbitkan peringatan keamanan untuk warganya yang sedang berada di Indonesia. Soalnya, Negeri Paman Sam menilai 22 Mei 2019 adalah hari yang perlu diwaspadai. Istana Kepresidenan RI memaklumi sikap AS sambil meyakinkan publik bahwa Indonesia tetap aman 22 Mei nanti.

Sebagaimana diketahui, 22 Mei 2019 adalah hari rekapitulasi final penghitungan suara, alias pengumuman pemenang Pemilu 2019. Seiring semakin dekatnya momentum itu, isu people power hingga serangkaian penangkapan teroris juga diketahui publik. Isu politik dan keamanan Indonesia itu ternyata juga diperhatikan oleh AS.


Pada 17 Mei 2019, Kedutaan Besar AS untuk Indonesia merilis peringatan keamanan untuk warganya yang berada di negara demokrasi ini. Peringatan ini berlaku bagi warga AS di sekujur teritori Indonesia.

AS Keluarkan Peringatan Keamanan, Istana Tegaskan 22 Mei AmanFoto ilustrasi (Ari Saputra/detikcom)

"Lokasi: Indonesia, di seluruh bagian negara. Peristiwa: Pada 22 Mei 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) diharapkan mengumumkan hasil resmi pemilihan presiden dan parlemen Indonesia," tulis Kedubes AS dalam situs resminya.

Dalam peringatan itu disebutkan pejabat kepolisian Indonesia secara terbuka menyebut risiko terorisme yang meningkat sehubungan dengan finalisasi hasil pemilu. Kedubes AS juga menyebut soal adanya kemungkinan demonstrasi di KPU dan Bawaslu.


"Demonstrasi dimungkinkan (terjadi) di kantor terkait pemilihan dan situs publik lainnya di Jakarta pusat, termasuk kompleks KPU di Menteng dan Badan Pengawas Pemilu (dikenal sebagai Bawaslu) di Jalan Thamrin. Demonstrasi juga dapat terjadi di kantor terkait pemilihan di kota-kota lain, termasuk Surabaya dan Medan," sambung Kedubes AS.

Ada sejumlah tindakan yang disarankan oleh Kedubes AS bagi warga AS yang ada di Indonesia, yaitu:

- Hindari area tempat demonstrasi atau demonstrasi politik terjadi dan berhati-hati jika berada di sekitar pertemuan besar;
- Tetap mengikuti liputan media tentang peristiwa lokal, waspadai lingkungan sekitar, dan praktikkan kesadaran keamanan pribadi setiap saat;
- Daftarkan diri Anda dalam Smart Traveler Enrollment Program (STEP) untuk menerima pembaruan keamanan;
- Ikuti (informasi) Konsulat Jenderal AS di Surabaya di Twitter dan Facebook dan Kedutaan Besar AS di Jakarta di Twitter dan Facebook.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com