DetikNews
Sabtu 18 Mei 2019, 21:12 WIB

Round-Up

Heboh Emak-emak Nekat, Mobil Jokowi Dicegat

Tim detikcom - detikNews
Heboh Emak-emak Nekat, Mobil Jokowi Dicegat Foto: Presiden Jokowi di Lombok. (Ray Jordan/detikcom)
Jakarta - Aksi emak-emak di di Lombok, Nusa Tenggara Barat tergolong membahayakan. Dia nekat menghadang mobil Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tengah melaju di tengah jalan.

Aksi-aksi emak-emak itu terekam dalam video yang beredar di media sosial. Emak-emak berdaster dengan kerudung ungu tampak bergerak ke tengah jalan. Dia merentangkan tangannya di depan mobil Jokowi.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan peristiwa ini berlangsung pada Jumat (17/5). Saat itu, Jokowi dan iring-iringan kendaraannya melaju di Jalan Bypass Bandara Internasional Lombok.

"Saat itu Presiden sedang menempuh perjalanan dari arah Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid ke Mandalika," kata Bey kepada detikcom, Sabtu (18/5/2019).


Di tengah perjalanan, seperti biasanya, masyarakat menyambut iring-iringan mobil kepresidenan. Bendara Merah Putih dikibar-kibarkan oleh masyarakat di pinggir jalan yang menanti Jokowi lewat.

Di antara mereka, ada perempuan berdaster dan berkerudung ungu yang menunggu Jokowi lewat. Tangan kanan perempuan itu mengibarkan bendera Merah Putih, dan tangan kirinya memegangi gadis kecil berbaju kuning supaya tak ke tengah jalan. Mobil-mobil dalam rombongan Jokowi tidak melaju lambat, sehingga akan berbahaya bila ada orang yang tiba-tiba menghalangi jalan.

Mobil Jokowi melaju di belakang lima sepeda motor Patroli dan Pengawalan (Patwal). Tepat setelah lima motor besar itu berlalu, perempuan berdaster ungu itu langsung maju ke tengah jalan sambil membawa bendera Merah Putih. Gadis kecil berbaju kuning yang semula digandengnya tidak ikut maju ke tengah jalan.


Penghadangan dimulai. Perempuan itu merentangkan tangannya persis di depan mobil Jokowi. Sejurus kemudian, dia tengkurap di tengah jalan. Padahal mobil Alphard yang ditumpangi Jokowi sedang melaju di depannya, jaraknya sekitar tujuh langkah saja. Aksi ini benar-benar berbahaya dan tidak patut dicontoh!

Tentu saja rem mobil yang ditumpangi Jokowi pakem. Mobil itu berhenti. Pintu kaca kiri bagian belakang terbuka dan nampaklah Jokowi. Perempuan itu mendekat ke Jokowi.

"Presiden berhenti dan menyalami ibu itu," kata Bey.

Jokowi berpesan kepada perempuan dan masyarakat yang kemudian mengerumuninya di titik itu supaya hati-hati. Satu per satu, masyarakat bersalaman dengan Jokowi. Rombongan RI-1 melaju kembali.

Sebagaimana diberitakan detikcom, Jokowi meninjau Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang juga akan dibangun sirkuit untuk balapan MotoG dan fasilitas di Pantai Kuta Mandalika, pada Jumat (17/5) kemarin.
(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed