DetikNews
Sabtu 18 Mei 2019, 12:17 WIB

Cerita Walkot Denpasar Rai Mantra soal Bisik-bisik Bareng Jokowi

Aditya Mardiastuti - detikNews
Cerita Walkot Denpasar Rai Mantra soal Bisik-bisik Bareng Jokowi Foto: Aditya Mardiastuti/detikcom
Denpasar - Wali Kota Denpasar Ida Bagus Dharmawijaya Mantra (Rai Mantra) terlihat bisik-bisik dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berada di Taman Kumbasari, Denpasar, Bali. Keduanya juga terlihat bisik-bisik sambil manggut-mangggut.

"Memang begini beliau sangat mengapresiasi dan mendukung sekali dan kami ada beberapa hal yang perlu dibantu terutama penjernihan daripada air Tukad (sungai) Badung. Kedua masalah embung di Sanur, banjir di Sanur yang memang kondisinya lebih rendah daripada jalan," kata Rai Mantra di Pasar Badung, Jl Sulawesi, Denpasar, Bali, Sabtu (18/5/2019).



Selain itu, Rai Mantra menyampaikan soal kondisi salah satu di daerah Sanur yang tergenang air di kala hujan karena kontur geografisnya memang lebih rendah. Rai Mantra menyebut Jokowi siap memberikan bantuan embung.

"Sehingga diperlukan penampungan embung dan beliau siap untuk membantu dan artinya evaluasi ini yang beliau lakukan astungkara diberikan apresiasi yang baik terhadap pasar maupun sungai," jelasnya.

Rai Mantra mengungkap penataan sungai di Taman Kumbasari dipuji Jokowi. Sebab, keberadaan sungai tersebut menjadi bagian dari edukasi untuk menjaga ekosistem lingkungan.


"Sungainya (diapresiasi), bukan hanya karena dipakai mancing tapi ini sangat efektif untuk pendidikan ekosistem. Jadi orang sudah bisa memahami untuk tidak membuang sampah sembarangan dan memanfaatkan sungai itu sebagai tempat bernilai," ucapnya.

Dia juga senang penataan Tukad Badung mendapat apresiasi dari Jokowi. Dia berharap Tukad Badung bisa jadi inspirasi bagi daerah lain dalam hal penataan kawasan sungai.

"Mudah-mudahan seperti itu. Memang tujuan utama kami karena kita banyak hal studi banding dan juga mencari jalan keluar bagaimana mengurangi orang membuang sampah di sungai yang mengakibatkan laut dan sungai terpolusi. Bentuk fisik seperti ini kita jadikan pendidikan fisik jangka panjang karena kalau kita lihat sekarang orang tidak membuang sampah lagi di Sungai Badung itu sendiri. Kita juga melihat sendiri mereka melakukan rekreasi dan hal-hal lain di tempat ini," urainya.

Dalam lawatannya ini, Jokowi berjanji untuk membantu penjernihan air di Tukad Badung. Dia juga sudah memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk turun tangan. "Urusan penataan sungai, yang kalau kita lihat ini, sungai apa ini pak, Sungai Taman Kumbasari dekat Pasar Badung ini, bagus penataan sungainya. Kurang satu, tadi sudah minta menteri PU tadi selesaikan penjernihan airnya, sudah nggak kotor tapi perlu penjernihan bersih," ucap Jokowi saat ditanya kesannya tentang Pasar Badung siang tadi.


Tonton juga video Girangnya Jokowi Nonton Tarung Peresean di Lombok:

[Gambas:Video 20detik]


(ams/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed