detikNews
Jumat 17 Mei 2019, 18:45 WIB

Gus Muwafiq Sebut Seni Tak Beragama dan Berjenis Kelamin

Sudrajat - detikNews
Gus Muwafiq Sebut Seni Tak Beragama dan Berjenis Kelamin Gsu Muwafiq (Foto: Mardi Rahmat/20 detik)
Jakarta -

KH Ahmad Muwafiq tak punya pandai berdakwah di muka publik, dia juga mahir memainkan alat musik petik gitar. Dia mengaku lebih terpikat dengan gitar karena dinilai unik ketimbang drumb dan organ. Ketertarikannya terhadap gitar itu muncul ketika masih tinggal di pondok pesantren dia kerap secara sembunyi-sembunyi menyaksikan konser musik.

"Iya itu sejak 1980-an. Melihat orang nyanyi itu biasa karena saya juga bisa qiro'ah, salawatan. Menggebug drumb dan menekan tuts organ juga gak aneh, tapi kok gitar dipetik-petik gitu bisa bunyi," kata Gus Muwafiq mengisahkan asal-mulanya dia suka main gitar.

Ia mengakui orang tuanya sempat melarangnya bermain gitar. Tapi hal itu lebih karena khawatir anaknya itu lupa mengaji. "Bukan karena membid'ahkan musik tapi takut anaknya ini lupa ngaji," ujarnya.

Meski mengaku sempat menciptakan sebuah lagu, tapi Gus Muwafiq mengaku tak bisa membaca not balok. Karena itu, ketika ada temannya menawari membuat album dan perlu membuat 10 lagu dia menolaknya.

Saat ditanya bahwa langkahnya menguasai alat musik untuk melengkapinya berdakwah itu meniru strategi Sunan Kalijaga, Muwafiq menepisnya. Menurut dia dari Sembilan wali yang menyebarkan Islam di Nusantara, semuanya mempunya jiwa seni masing-masing. "Jadi bukan cuma Sunan Kalijaga, Sunan Bonang, Sunan Kudus dan lainnya juga," ujarnya.

Terkait segmentasi seni Islam dan seni bukan Islam, Gus Muwafiq juga menepis. Dia berpendapat seni itu telah ada sejak awal peradaban manusia. Soal penyebutan bahwa seni itu sebagai seni Islam biasanya karena yang memainkan atau menciptakannya kebetulan beragama Islam. Begitu juga yang mengaitkan seni dengan gender.

"Seni ya seni, tak ada itu seni Islam atau apa. Seni itu tak punya agama, tak punya jenis kelamin," kata Gus Muwafiq menegaskan.


Simak Juga 'Blak-blakan Gus Muwafiq: Islam, Politik, dan Seni':

[Gambas:Video 20detik]


(jat/jat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed