detikNews
Kamis 16 Mei 2019, 22:49 WIB

Ke Polda Metro, Pelapor Rocky Gerung Tanya Progres Kasus 'Kitab Suci Fiksi'

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Ke Polda Metro, Pelapor Rocky Gerung Tanya Progres Kasus Kitab Suci Fiksi Ketua Umum Banteng Network Jack Boyd Lapian (Eva/detikcom)
Jakarta - Pendiri Banteng Network, Jack Boyd Lapian, yang melaporkan Rocky Gerung terkait ucapan 'kitab suci itu fiksi', mendatangi Polda Metro Jaya hari ini. Ia datang untuk menanyakan perkembangan kasus yang ia laporkan itu.

"Di sini mau ngecek terkait laporan saya atas Saudara Rocky Gerung terkait perkataan bahwa kitab suci adalah fiksi," kata Jack Lapian kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (16/5/2019).


Jack Lapian mendatangi penyelidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya siang tadi. Ia menanyakan perkembangan kasus yang ia laporkan.

"(Laporannya) masih diproses di Krimsus, ditangani pihak Cyber Polda Metro Jaya, sekarang masih proses pemeriksaan ahli bahasa. Itu domainnya kepolisian, kita percaya polisi," ungkap Jack Lapian.

Jack menyebut menanyakan kapan laporannya dinaikkan status kasusnya menjadi penyidikan. Namun, ia mempercayakan sepenuhnya kasus itu ke kepolisian.


"Tadi saya update masih dalam pemeriksaan ahli untuk menguatkan statusnya dinaikkan ke penyidikan. Saya tidak ingin mendahului kepolisian. Saya yakin polisi akan mengerjakan secara profesional," imbuhnya.

Sebelumnya, Jack Lapian melaporkan Rocky Gerung terkait ucapannya bahwa 'kitab suci itu fiksi' dalam program 'Indonesia Lawyers Club' (ILC) yang ditayangkan di tvOne. Jack melaporkan Rocky Gerung ke Bareskrim Polri dan kasus itu kemudian dilimpahkan ke Direktorat Reskrimsus Polda Metro Jaya.

Laporan Jack diterima dengan tanda bukti laporan bernomor LP/512/IV/2018/Bareskrim tertanggal 16 April 2018. Rocky disangkakan melanggar Pasal 156a KUHP tentang Penistaan Agama. Sebelumnya, Jack maupun Rocky sudah diperiksa sebagai saksi terkait kasus ini.
(sam/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com