Round-Up

People Power Bersalin Rupa

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 15 Mei 2019 20:19 WIB
Amien Rais (Ristu Hanafi/detikcom)
Jakarta - Narasi people power pertama kali diembuskan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais jika mereka menemukan kecurangan pada Pemilu 2019. Kini people power bersalin rupa.

Amien pertama kali melontarkan istilah people power saat Apel Siaga Umat 313 yang digelar untuk mencegah kecurangan pemilu. Amien menyatakan tak akan ke Mahkamah Konstitusi jika ada kecurangan, tapi akan menggerakkan massa alias people power.

"Kalau nanti terjadi kecurangan, kita nggak akan ke MK (Mahkamah Konstitusi). Nggak ada gunannya, tapi kita people power, people power sah," kata Amien di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (31/3/2019).


People power lantas jadi kontroversi. Banyak yang menentang, ada juga yang membela dengan alasan people power sah-sah saja dilakukan atas nama demokrasi.

Selang beberapa bulan kemudian, Amien Rais mengganti rupa people power. Dia kini memilih istilah gerakan kedaulatan rakyat.

"Eggi Sudjana ditangkap polisi karena bicara people power. Kita tidak gunakan people power, tapi gerakan kedaulatan rakyat," ujar Amien, Selasa (14/5/2019).

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2 3