DetikNews
Rabu 15 Mei 2019, 15:20 WIB

Stok Darah di PMI Sultra Menipis

Sitti Harlina - detikNews
Stok Darah di PMI Sultra Menipis Foto: Petugas PMI Sultra menunjukkan stok darah. (Sitti-detikcom)
Kendari - Stok darah di Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai menipis memasuki pekan kedua bulan Ramadhan. Biasanya, kebutuhan stok darah di Sultra mencapai 1.200 kantong setiap bulan.

Kepala UTD PMI Sultra, dr Liya Sari Astuti mengatakan kebutuhan untuk sehari biasanya mencapai 30 kantong. Namun, saat ini stoknya sudah mulai berkurang.

"Satu bulan itu biasa permintaan darah di sini mencapai 1.200 kantong artinya setiap hari kita butuh 30 kantong darah," kata Liya, Rabu (15/5/2019).


Liya memaklumi stok darah berkurang itu. Karena, kata Liya, biasa pihaknya bekerja sama dengan beberapa instansi untuk menggelar donor darah. Namun selama bulan puasa ini, tidak ada kegiatan donor darah yang dilakukan bersama instansi tertentu.

"Perbulan Ramadhan ini stoknya memang menipis, kondisinya kalau di bulan-bulan selain Ramadhan kita bekerja sama dengan instansi," ujarnya.

Guna mengantisipasi kebutuhan darah tersebut, pihaknya membuka layanan donor darah di Masjid Agung Al Kautsar dan Masjid Al Alam sesudah berbuka puasa.

Dia juga berharap agar banyak masyarakat yang mau berpartisipasi mendonorkan darahnya. Sehingga, dapat memenuhi permintaan darah bagi yang membutuhkan.
(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed