DetikNews
Selasa 14 Mei 2019, 15:32 WIB

Petugas Temukan Sayuran dan Buah Busuk Masih Dijual di Swalayan Bekasi

Isal Mawardi - detikNews
Petugas Temukan Sayuran dan Buah Busuk Masih Dijual di Swalayan Bekasi Foto: Isal Mawardi/detikcom
Bekasi - Petugas gabungan melakukan pemeriksaan ke sejumlah toko swalayan di Kota Bekasi. Petugas menemukan sejumlah sayuran dan buah-buahan tak layak konsumsi.

"Kasat mata tadi ada yang telah rusak dan buah-buah ada yang sudah tidak bisa dijual," ujar Kabid Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kota Bekasi Armita kepada wartawan, Selasa (14/5/2019).

Sidak dilakukan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Kesehatan Kota Bekasi di toko swalayan di Jalan Ahmad Yani, Kota Bekasi, Selasa (14/5) siang. Buah dan sayur mayur yang tak layak konsumsi, disita petugas.

"Nanti kita akan kita paparkan detail," ujar Armita.

Sejumlah makanan olahan dan pangan segar menjadi fokus dari pemeriksaan ini. Petugas mengambil sampel untuk mengetahui kandungan pada makanan.



"Makanan segar kita harus teskip dulu untuk mengetahui (kelayakan)," ujar Armita

Selain itu, petugas menemukan sejumlah makanan yang telah kedaluwarsa. Kemasan produk rusak juga ditemukan petugas.

"Masih ada (kerusakan kemasan), tapi kemungkinan dari pengunjung yang nyenggol terus jatuh atau tidak dikembalikan. Sarannya sih pengelola store lebih proaktif melakukan penyisiran agar produk (rusak kemasan) bisa ditarik," ujar Kabid BPOM Dinas Kesehatan Kota Bekasi Ansori.

Selama Ramadhan, petugas akan menyidak 17 pusat perbelanjaan di Kota Bekasi. Sejauh ini, sejumlah pusat perbelanjaan telah dilakukan penyidakan, di antaranya swalayan di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, di Jalan Sudirman, Bekasi Barat, pada Senin (13/5) dan supermarket di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, pada Selasa (14/5).



(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed