detikNews
Selasa 14 Mei 2019, 15:21 WIB

Anies akan Bangun Shelter untuk Korban Kebakaran Kampung Bandan

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Anies akan Bangun Shelter untuk Korban Kebakaran Kampung Bandan Foto: Anies Baswedan di Balai Kota (M Fida Ul Haq/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjanji akan membangun penampungan sementara atau shelter untuk korban kebakaran di Kampung Bandan, Jakarta Utara. Anies mengatakan penampungan akan dibangun di lahan milik PT KAI.

"Akan disiapkan shelter, hunian sementara, di tempat itu. Sembari pembangunan dilakukan. Jadi mereka nanti akan disiapkan hunian sementara di situ. Dinas Perumahan nanti akan menyiapkan hunian sementaranya," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2019).



Anies mengatakan saat ini pihaknya sedang membicarakan proses pembangunan dengan PT KAI. Menurutnya, Pemprov DKI Jakarta juga akan membangun rumah susun bagi warga yang terdampak kebakaran.

"Jangka panjang terkait pemukiman di sana. Lahan itu satu hektare milik PT KAI. Jadi tadi Direktur Aset KAI ikut dalam rapim dan kita menyepakati bahwa akan dibangunkan pemukiman di sana," paparnya.

Sementara terkait aspek legalitas, Anies menyerahkan hal itu ke PT KAI. "Kalau itu tanyanya ke PT KAI. Karena itu tanah PT KAI," sebutnya.



Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Provinsi DKI Jakarta Kelik Indriyanto mengatakan pihaknya saat ini masih melakukan pengukuran. Warga yang akan ditampung sekitar 300 kepala keluarga.

"Sesuai yang disampaikan dari Pak Wali itu sekitar 200-300 KK," jelas Kelik.

Kelik mengatakan Pemprov DKI Jakarta juga masih membicarakan masalah perizinan dengan PT KAI. Dia menargetkan shelter bisa dibangun dua hari ke depan.

"(Izin) ini yang mau dibahas lagi. Karena tadi udah hadir, besok mau dibahas kemudian ada PKS (perjanjian kerja sama)," sebut Kelik.
(fdu/mae)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com