Pemkot Bekasi Cek Makanan Kedaluwarsa di Pasar Jelang Idul Fitri

Isal Mawardi - detikNews
Selasa, 14 Mei 2019 12:10 WIB
Petugas mengecek makanan kedaluwarsa di pasar modern di Kota Bekasi. (Isal Mawardi/detikcom)
Bekasi - Menjelang hari raya Idul Fitri Pemerintah Kota Bekasi melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar modern dan tradisional. Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada makanan kedaluwarsa yang diedarkan di pasar.

"Kita sidak ke pasar modern, jadi dalam rangka peningkatan pengawasan mutu dan kualitas dan keamanan pangan yang beredar di masyarakat. Kita melakukan pengawasan makanan di pasar-pasar modern dan pasar-pasar tradisional," ujar Kabid Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan, Armita, di Jalan Ahmad Yani, Kota Bekasi, Selasa (14/5/2019).

Armita mengatakan kegiatan rutin ini dilakukan setiap Ramadhan dan menjelang Lebaran.

"Pengawasan sepanjang tahun, ditingkatkan saat Ramadhan," ujar Armita.


Sidak dilakukan oleh Dinas Ketahanan Pangan Kota Bekasi dan Dinas Kesehatan Kota Bekasi. Makanan olahan hingga pangan segar jadi fokus utama dalam sidak ini.

Sejumlah tempat telah disidak di antaranya pusat grosir modern di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, swalayan di Jalan Sudirman, Bekasi Barat, pada Senin (13/5); dan supermarket Bekasi di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, pada Selasa (14/5). Di sana, petugas mengambil sampel untuk mengetahui kandungan pada makanan olahan tersebut.

"Pertama kita lakukan pembinaan, kedua kita pengambilan sampel, nanti hasilnya satu-dua hari ini baru bisa (dipublikasikan)," ujar Armita.

Petugas akan melanjutkan mengecek makanan di 17 tempat. Sejauh ini belum ditemukan adanya makanan kedaluwarsa di tempat-tempat tersebut.

"Ada beberapa makanan yang kemasannya rusak," cetusnya.

(mea/mea)